Terpaan Drama Korea Dan Perilaku Fashion Di Kalangan Mahasiswi Fikom Ubhara Jaya

Sumartono Sumartono, Hani Astuti

Sari


Drama korea sat ini banyak ditayangkan oleh stasiun televisi. Hampir setiap hari dan hampir di stasiun televisi menayangkan acara yang bertemakan korea. Oleh kaena itu peneliti tertarik ingin melihat berapa sering terpaan tersebut dan bagaimana dampaknya pada perilaku fashion. Penelitian ini dilakukan pada kalangan mahasiswi FIKOM Ubhara Jaya dengan melakukan survey seluruh mahasiswi FIKOM Ubhara Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan data yang terkumpul akan dianalisis dengan mengunakan statistik SPSS. Hasil penelitian di ketahui bahwa variabel terpaan tayangan drama Korea di televisis swasta tidak mempengaruhi atas perubahan atau peniruan atas perilaku fashion (kekoreaan) pada mahasiswi. Nilai Kofisien Determinasi yang diperoleh adalah 0.047 yang dapat ditafsirkan bahwa terpaan tayangan drama Korea di televisi memiliki pengaruh kontribusi sebesar 0.047% terhadap perilaku fashion (keKoreaan) dan 99,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar terpaan tayangan drama Korea.

 

Kata kunci: fashion, acara korea, perilaku


Referensi


Ardianto Elvinaro, Lukiati Komala & Karlinah Siti. Komunikasi Massa Suatu Pengantar : Simbiosa Rekatama Media. Bandung. 2007

Barnard, Marcom. Fashion Sebagai Komunikasi (Cara Mengkomunikasikan Identitas, Sosial, Seksual, Kelas dan Gender) : Jalasutra. Yogyakarta & Jakarta. 1996

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi : PT. Raja Grafindo. Jakarta. 2003

Effendy, Uchajana, Onong. Dimensi-Dimensi Komunikasi : Remaja Rosda Karya, Bandung, 1993

Gebner. G. Gross. L. And signorielli. Growing Up With Television The Cultivation Perspective. Hillsdale, New Jersey. 1990

Kuswandi,Wawan. Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi : Rineka Cipta. Jakarta. 1996

Liliweri, Alo. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan : Citra Aditya Bakti. Jakarta.1992

Littlejohn, Stephen W_____Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika, Jakarta, 2009

McQuail, Dennis. Teori Komunikasi Massa : Erlangga. Jakarta. 1993

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar : PT. Remaja Rosda Karya. Bandung. 2003

Rakmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi : Remaja Rosda Karya. Bandung. 2001

Setiowati, Endang.Imperialisme Budaya dan Pembentukan Identitas: Kajian Terhadap Fanatisme Remaja Pada Budaya Pop Jepang. Jurnal Komunikasi Universitas Indonesia. Jakarta. 2008

Shore, Larry. Mass Media For Depvelopment: Arexaminition Of Acees, Exposure And Impact Communications The Rural Thrid World : Praegar. New York, 1985

Surbakti. Awas Tayangan Televisi : PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia. Jakarta. 2008

Susanto Astrid. Komunikasi Kontenporer : Bina Cipta. Bandung. 1977

Vivian, John. Teori Komunikasi Massa Edisi 8 : Kencana Media Perdana Group. Jakarta. 2008

Wahyudi, JB. Dampak Informasi Terhadap Masyarakat Indonesia. Jakarta. 1993


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter