ANALISA PENCITRAAN TERHADAP PERLUASAN MEREK SKH KOMPASBAGI PEMBACA DI JAKARTA

Euis Nurul Bahriyah, Resman Muharul Tambunan

Sari


Abstract

 


This study aims to find out whether the image of Kompas is required to obtain a brand (Expansion of Brands) for Readers in Jakarta specifically in South Jakarta. developments in information and communication technology, new media based online through the Kompas e-paper version. The results of this study indicate that Kompas has competitiveness against other companies, using strategies that can improve company relationships with Readers as an increase in motivation and loyalty from Readers. Keywords: imaging, expansion of brands, now COMPASS e-paper

 


Abstrak

 


Penelitian ini bertujujuan untuk mengetahuai apakah citraKompas berpengaruh terhadap perluasan merek (Brand Extension)bagi Pembaca di Jakarta khususnya Jakarta Selatan.Penelitian ini dapat dijadikan dasar pengelola surat kabar Kompas dalam mengambil strategi dan kebijakan guna meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pembaca koran terutama Kompas yang saat ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, media baru berbasis online melalui versi Kompas e-paper. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas memiliki daya saing terhadap perusahaan lain, dengan menggunakan strategi yang dapat meningkatkan hubungan perusahaan dengan Pembaca sebagai upaya meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dari Pembaca.Kata kunci: pencitraan, perluasan merek, SKH KOMPAS e-paper


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, David A. (1996). Building Strong Brands. New York The Free Press.

Ades, Leslie J. (1992). Managing Mavericks: The Art of Sales Management. New York. McGraw-Hill, Inc.

Alifahmi, Hifni. (2005). Sinergi Integrasi Iklan, Komunikasi, Public Relations, Pemasaran dan Promosi, Jakarta, Quantum.

Ari, Donald. Luci Chester dan Asgar Razafik. (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, terjemahan Arif Fuchan Surabaya. Usaha Nasional.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta, Predana Media Group.

Castells, Manuel. (2004). The Power of Identity 2nd edition, Oxford, Blackwell publishing.

DeFleur, Melvin dan Sandra Ball-Rokeach.(1989). Theories of Mass Communication 5th Edition, New York-London, Longman.

Dessler, Gary. (1995).Manajemen Personalia Edisi 3, terjemahan Agus Dharma. Jakarta, Erlangga.

Djarwanto dan Pangestuti Subagyo. (1994). Statistik Induktif. Yogyakarta.BPFE.

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Engel, James F., Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta, inarupa Aksara.

Ensiklopedia Indonesia. (1990). Jakarta, Ichtiar Baru-Van Hoeve.

Hersey, Paul dan Ken Blanchard. (1982). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta, Erlangga.

Hort, Norman A. dan John Stapleton. (1995). Kamus Marketing. Jakarta, Bumi Aksara.

Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management. New Jersey, Prentice-Hall, Inc.

Kertajaya, Hermawan. (1996). Siasat Memenangkan Pasar Persaingan Global. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Komaruddin. (1994).Ensiklopedia Manajemen. Jakarta, Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta, Erlangga.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2002). Perilaku Konsumen. Bandung., PT Refika Aditama.

Moekijat. (1991). “Buying†Kamus Marketing. Bandung, PT. Mandar Maju,

Murphy, John M. (1992). Branding: A Key Marketing Tool.London., The MacMillan Press, Ltd.

Neuman, W. Lawrence. (2000).Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Aproaches. 4th Edition, Allyn and Bacon.

Nuradi. (2001). Kamus Istilah Periklanan Indonesia.Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Onong U. Effendy. (1989). Kamus KomunikasiBandung, CV Mandar Maju.

Poerwadarminta, W. J. S. (1994). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Pradjasantoso, Sedyana. (1991). Strategi Pemasaran. Jakarta., Multi Bintang Lado.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. (1996). Consumer Behavior. London., Prentice-Hall, International.

Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta., PT Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, Alex. (2002). Analisis Teks Media, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung, Tarsito.

Swastha, Basu. (1992). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta, Liberty.

Temporal, Paul dan K. C. Lee. (2002). Hi-Tech Hi Touch Branding. Salemba Empat, Jakarta.

Ukas, Maman, L. M. Sadeli, dan Muzaijannah. Pengantar Bisnis/Ilmu Menjual. Jakarta Aries Lima,.

Umar, Husein. (2001). Strategic Management. Jakarta., PT Gramedia Pustaka Utama.

Upshaw, Lynn B. (1995). Building Brand Identity: A Strategy for Success in a Hostile Marketplace, United States of America, John Wiley & Sons.

Winardi. (1992). Kamus Ekonomi. Bandung., V Mandar Maju.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter