PEMBIAYAAN DARIIKLAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK DAERAH RADIO SWARA TANGERANG GEMILANG
Sari
Abstract
Â
The research aims to produce studies in the form of academic texts that can be used as guidelines and financing solutions for public broadcasting institutions of the Swara Regional Government Radio specifically and Regional Government Radios in Indonesia in general. This study also aims to identify regional revenues and expenditures that have been obtained so far and are expected to be able to obtain solutions to explore regional revenues and expenditures in the future, especially revenues derived from advertising. The study was conducted using qualitative methods which were preceded by documentation studies to map issues related to the research topic. After mapping the problem, the research continued with observations to public broadcasters, in-depth interviews (in-depth interviews and focus group discussions (FGD). As a final step, data analysis was carried out by data triangulation, triangulation methods and theory triangulation. The final step to be taken is the researcher triangulation.The findings obtained by the researcher will be generated in analyzing the data obtained so that not only can the results of a comprehensive analysis be obtained, but also the results of universal analysis can also be obtained.Keywords: Advertising, financing, radio, public broadcasting
Â
Abstrak
Â
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan kajian yang berbentuk naskah akademik yang dapat digunakan sebagai pedoman dan solusi pembiayaan lembaga penyiaran publik Radio Pemerintah Daerah Swarakhususnya dan Radio Pemerintah Daerah di Indonesia pada umumnya. Penelitian ini juga bertujuanmengidentifikasi pendapatan dan belanja daerah yang selama ini diperoleh dan diharapkan dapat memperoleh solusi untuk menggali pendapatan dan belanja daerah di masa yang akan datang, khususnya pendapatan yang berasal dari iklan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda kualitatif yang didahului dengan studi dokumentasi untuk memetakan isu-isu yang terkait dengan topik penelitian. Setelah memetakan permasalahan, penelitian dilanjutkan dengan melakukan observasi ke lembaga penyiaran public,wawancara mendalam (indepth interview dan focus group discussion (FGD). Sebagai langkah terakhir, dilakukan analisis data dengan melakukan triangulasi data, triangulasi metoda dan triangulasi teori. Langkah terakhir yang akan dilakukan adalah triangulasi peneliti. Temuan-temuan yang didapat oleh peneliti akan disenergikan dalam menganalisis data yang didapat sehingga bukan saja dapat diperoleh hasil analisis yang komprehensif, tetapi juga dapat diperoleh hasil analisis yang universal.Kata kunci: Iklan, pembiyaan, radio, penyiaran public
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi Warman Karim. (2006). Bank Islam : Analisis Fiqih dan keuangan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Anoesi. (2010). tentang Analisa Karakter Sebagai Salah Satu Alat Manajeman Dalam Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit,dalam jurnal dipublikasikan, 2010, http : //www.pdfqueen.com/html/
Depag RI. (1971). Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta, hlm. 29.
Heri Sudarsono. (2003). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta : Ekonosia.
http://ieshajiwil.blogspot.com/2011/10/jenis-jenis-iklan-pembagian-secara-umum.html
Kasmir. (2012).Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Majalah Ekonomi Syariah, Sharing, edisi 16 Thn II- April 2006, hlm. 38-39.
Muhammad. (2005).Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: AMPYKPN.
Muhammad Ridwan. (2007). Kontruksi Bank Syariah Indonesia, Yogyakarta : Pustaka SM.
Muhammad Syafi’i Antonio. (2001).Bank Syariah dan Teori ke Praktek, Jakarta: Gema Insani Press.
Peraturan pemerintah, Undang-Undang no. 10. Tahun 1998 pasal 1 ayat (12) tentang perbankan.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.