Peranan Partai Politik Dalam Demokrasi Di Indonesia

Henry Arianto

Abstract


Demokrasi bukanlah suatu bentuk pemerintahan yang timbul dengan sendirinya, tetapi melalui tahapan evolusi. Demokrasi tidak hanya merupakan suatu bentuk negara ataupun sistem pemerintahan tetapi juga suatu gaya hidup serta tata masyarakat tertentu yang karena itu juga mengandung unsur-unsur moril sehingga dapat dikatakan bahwa demokrasi didasari oleh beberapa nilai (values). Salah satu nilai dari demokrasi menurut Henry B. Mayo adalah menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur (orderly succesion of rules). Banyaknya partai politik yang ikut berperan dalam pentas politik pada Pemilu 2004 ini tentunya mempunyai pengaruh dan peranan tersendiri, baik partai politik yang besar, maupun partai politik yang gurem, sedikit banyak akan membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Key Words: Parpol, Demokrasi Indonesia


References


Ardiantoro, Juri, Transisi Demokrasi Evaluasi Kritis Penyelenggara Pemilu 1999. (Jakarta: Komite Independen Pemantau Pemilu Indonesia (KIPP), 1999)

Budiardjo, Miriam, Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1993.

H.A Prayitno ed, Pendidikan Kebangsaan, Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia (KADEHAM), Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti, 2001.

Kansil, C.S.T, Sistem Pemerintahan Indonesia, Jakarta: Aksara Baru, 1978

Kusnardi dan Bintan R.Saragih, Ilmu Negara, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1993.

Mahfud, Moh, Politik Hukum di Indonesia, Jakarta: Pustaka LP3ES, 1998




DOI: https://doi.org/10.47007/lj.v1i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

    




Visitor Statistic