Perlindungan Folklor Dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

Nur Hayati

Abstract


Keberadaan Undang-Undang Hak Cipta merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap karya cipta manusia yang diberikan oleh negara. Perlindungan ini diberikan karena dalam karya ciptanya tersebut, manusia telah memaksimalkan karya, cipta dan karsa yang ada padanya untuk menghasilkan suatu karya seni. Seni merupakan bagian nyata dari kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Manusia senantiasa menciptakan berbagai karya seni dengan berbagai bentuk. Sebagai suatu karya cipta manusia, beberapa hasilnya masih tetap terpelihara sampai sekarang. Banyak karya cipta tradisional yang sampai saat ini masih menarik untuk dinikmati. Untuk memberikan perlindungan terhadap karya cipta tradisional yang sampai saat ini masih ada, maka dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 terdapat perlindungan terhadap Folklor sebagai salah satu karya cipta. Perlindungan yang diberikan terhadap Folklor, mencerminkan adanya pengakuan terhadap tradisi bangsa dan perlindungan terhadap asset bangsa dari bidang seni.

Kata Kunci: Perlindungan, Folklor, Hak Cipta

References


Indonesia, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 19 tahun 2002 Tentang hak Cipta.

Maulana, Insan Budi, “Sukses Bisnis Melalui Merek, Paten dan Hak Cipta”, Citra Aditya Bakti, Bandung, 1997.

_____, “Kompilasi Undang-Undang Hak Cipta, Paten Merek dan Terjemahan Konvensi-Konvensi di Bidang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)”, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2002.

Saidin, “Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Right)”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995.

Lindsay, Tim Eddy Damian, etc, “Hak Kekayaan Intellektual, suatu Pengantar”, Alumni, Bandung, 2003.

Margono, Suyud, “Hukum Perlindungan Hak Cipta (disesuaikan dengan UU hak Cipta Tahun 2002) dilengkapi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta”, CV. Novindo Pustaka Mandiri, Jakarta, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitor Statistic