REKONSTRUKSI HUKUM GOLDEN VISA DALAM PERMENKUMHAM NOMOR 82 TAHUN 2023 DAN PMK NOMOR 82 TAHUN 2023 TERKAIT PENANAMAN MODAL ASING BERDASARKAN ASAS KEMANFAATAN

Indra Lorenly Nainggolan, Yuni Maharani Nur Fahmi, Rahmat Saputra

Abstract


Konsep golden visa bertujuan menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Regulasi golden visa diatur dalam Permenkumham Nomor 22 Tahun 2023 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 Tahun 2023. Kedua regulasi tersebut mengatur substansi izin tinggal bagi orang  asing untuk lebih disederhanakan perizinan dan persyaratan nilai investasinya. Ide ini muncul dari kebutuhan perbaikan perekonomian pasca Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Permenkumham Nomor 22 Tahun 2023 mengatur izin tinggal paling lama 2 tahun hingga izin tinggal paling lama 10 tahun. Sementara PMK Nomor 82 Tahun 2023 mengatur tarif nominal izin tinggal investor asing. Kebijakan izin tinggal pemodal asing diatur dengan batas nilai investasi kepemilikan saham yang tergolong masing rendah. Kebijakan tersebut juga memberi kelonggaran bagi korporasi asing yang akan membuka cabangnya di Indonesia. Besarnya modal yang dimiliki oleh investor asing akan bersaing dengan pemodal lokal. Perlindungan terhadap pelaku usaha lokal akan terdegradasi dengan pelonggaran norma. Sehingga pengaturan diatas tidak memenuhi asas kemanfaatan dalam perspektif hukum administrasi negara. Asas kemanfaatan menekankan upaya pemenuhan hak kepentingan individu yang satu dengan kepentingan individu yang lain, kepentingan individu dengan masyarakat, bahkan kepentingan generasi mendatang, hingga kepentingan ekosistemnya. Bukan hanya perlindungan bagi pemodal asing, juga harus melindungi pengusaha lokal hingga masyarakat Indonesia hingga generasi yang akan datang.

References


Buku dan Jurnal

Amiruddin dan Zainal Asikin., Pengantar Metode Penelitian Hukum, Depok: Rajawali Pers, 2019.

Bahri, Mohammad Thoriq., “Navigating Indonesia’s Golden Visa Scheme Through Comparative Legal Policy Analysis”, International Comparative Jurisprudence, Vol. 9 No.1, 2023.

Estheria, Delvina. Dkk., “implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kebijakan Visa Indonesia”, Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, Vol. 5, No.2, 2022.

HR, Ridwan., Hukum Administrasi Negara, Depok: Rajawali Pers, 2020.

Indrady, Andry, dkk., Kebijakan Visa Dan Izin Tinggal Keimigrasian Bagi Penanam Modal Asing Dalam Dimensi Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Hukum dan HAM Wicarana, Volume 1, Nomor 1.

Kurniawaty, Yuniar., Penggunaan Diskresi Dalam Pembentukan Produk Hukum, Jurnal Legislasi Indonesia, Volume 13, Nomor 1.

Nainggolan, Indra Lorenly., Perizinan Berusaha berbasis Risiko Pemanfaatan Perairan Pesisir Paska UU Cipta Kerja, Jurnal Keamanan Nasional, Volume VIII, Nomor 1.

______________________., Politik Hukum Penanggulangan Covid-19: Kajian Hukum Administrasi Kesehatan, Jurnal Scripta, Volume 2, Nomor 1.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Undang Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2023 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UndangUndang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2023 tentang Visa dan Izin Tinggal.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 Tahun 2023 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Kebutuhan Mendesak Atas Pelayanan Golden Visa Yang Berlaku Pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.

Internet

https://ugm.ac.id/id/berita/menilik-konflik-rempang-dan-pengakuan-pemerintah-atas-hak-hak-masyarakat-adat/, diakses pada 12 Februari 2024, pukul 09.40 wib.




DOI: https://doi.org/10.47007/lj.v21i1.7621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

    




Visitor Statistic