Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi dan Tingkat Kejadian Anemia di Puskesmas Jawilan Kabupaten Serang Tahun 2012

Winda Kumala, Idrus Jusat

Abstract


Abstrak

Angka   Kematian   Ibu   (AKI)   merupakan   salah   satu   indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di suatu negara. Kematian ibu dapat terjadi, diantaranya karena   anemia.Anemia   pada   kehamilan   berhubungan   dengan   meningkatnya   angka kesakitan dan kematian ibu. Anemia pada defisiensi zat besi merupakan penyebab utama anemia pada ibu hamil dibandingkan dengan zat gizi lain. Cara efektif untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi tablet zat besi. Mengetahui hubungan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet zat besi dantingkat kejadian anemia di Puskesmas Jawilan Kabupaten Serang  tahun 2012. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester II yang berkunjung ke puskesmas Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang  dengan jumlah sampel 44 ibu hamil. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu, sikap ibu dan tindakan ibu termasuk  dalam  kategori  baik.  Uji  statistik  menunjukkan  bahwakepatuhan  ibu  dalam mengkonsumsi tablet zat besi memiliki hubungan dengan variabel pengetahuan ibu dengan nilai  p<0,05dan  tindakan  ibu  dengan  nilai  p<0,05.  Sedangkan  kepatuhan  ibu  hamil mengkonsumsi tablet zat  besitidak memiliki hubungan dengan tingkat kejadian anemia dengan nilai p>0,05. Upaya  untuk  mencegah  tingkat  kejadian  anemia  pada  ibu  hamil  yaitu dengan  dilakukannya pembinaan, penyuluhan pentingnya  konsumsi  tablet  zat besi dan makanan yang bergizi selama kehamilan.

 

Kata Kunci: ibu hamil, anemia, zat besi


Full Text:

PDF

References


Almatsier, S., “Prinsip Dasar Ilmmu Gizi”, PT. Gramedia Pussaka Utama, Jakarta, 2004.

Notoatmojo, S., “Ilmu Kesehatan Masyarakat”, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Walgito, B., “Psikologi Sosial”, 2003.

Priyatno, D., “Mandiri Belajar SPSS”, Mediakom, Jogjakarta, 2008.

Depkes RI., “Program Penanggulangan Anemia Gizi pada Wanita Usia Subur (WUS)”, Direktorat Gizi Masyarakat, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 2001.

Subarda, et al., “Pelayanan antenatal care dalam pengelolaan anemia berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil minum tablet besi”, Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 2011.

Dian Ramawati, et al., “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Desa Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas”, Jurnal Keperawatan Soedirman, 2008.

Hj. Muliaty T., “Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di RSUD Arifin Nu’mang Rappang Kabupaten Sidrap”, Jurnal Kebidanan Poltekkes Makasar, Makassar, 2007.

Sri Ratnawati, et al., “Hubungan Antara Pekerjaan Dengan Partisipasi Ibu Mengikuti Senam Hamil (Di URJ Poli Hamil II RSUD Dr. Soetomo Surabays)”, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes Vol.I No.3 Juli 2010 ISSN: 2086-309, 2010.

Septanto, A A., “Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Asupan Sarapan Antara Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi dengan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Esa Unggul”, 2012.

Sifik, “Hubungan Perilaku Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe Terhadap Kadar Hb Ibu Hamil Yang Berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Barat”, 2009.

Nursariningsih, D., “Hubungan Pengetahuan Anemia Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Besi Pada Ibu Hamil di Puskesmas Pembina Kecamatan Kembangan Jakarta Barat”, 2004.

Supriyono, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anemia Gizi Besi Pada Tenaga Kerja Wanita di PT HM Sampoerna”

Fikawati, et al., “Pesan Sarapan Bagi Kesehatan”, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2007.

Nainia, G., “Hubungan Tingkat Anemia Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Minum Tablet Zat Besi di Bidan Praktek Swasta Hj Hendriati”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats