PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DAN GIZI MELALUI BOARDGAMES TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN DAN GIZI SERTA VARIASI PILIHAN PANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI JAKARTA BARAT

Vitria Melani

Abstract


Abstrak

Pendidikan kesehatan dan gizi dapat diberikan kepada anak-anak melalui suatu media yang dapat menarik minat mereka untuk mengetahui, mempelajari, dan kemudian mempraktikkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan wahana permainan yang menarik dan mengajarkan pola hidup sehat bagi anak-anak secara tidak langsung tanpa kesan menggurui. Wahana permainan ini diharapkan akan merangsang anak-anak untuk lebih kreatif dan dapat berinteraksi sesama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai pengaruh pemberian pendidikan kesehatan dan gizi melalui media boardgame terhadap pengetahuan dan sikap kesehatan dan gizi serta variasi pilihan pangan pada anak usia sekolah dasar di Jakarta Barat. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 3 di SD negeri 11 Pagi Duri Kepa. Desain penelitian ini adalah case control. Kelompok intervensi diberikan permainan boardgames PiKA-PiKA dengan dua kali putaran permainan. Kedua kelompok diberikan kuesioner yang sama. Pada kelompok intervensi, kuesioner diberikan setelah diberikan permainan. Kelompok kontrol hanya diminta mengisi kuesioner tanpa diberikan permainan PiKA-PiKA sebelumnya. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensia dengan uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan kesehatan dan gizi pada kelompok kontrol lebih baik berbanding kelompok intervensi (p<0.05). Pada penilaian sikap dan variasi pilihan pangan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p>0.05).

Kata kunci: Boardgames, Gizi, Kesehatan, Pendidikan


References


Daftar Pustaka

Alhaddad I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental Piaget pada konsep kekekalan panjang. Infinity 1(1):31-44.

Green, L, et al. (1999). Empowering: Enabling Methods of Planning and Organizing within Everyone Reach: Methods Demonstrated in Relation to Early Detection of Breast Cancer. London: Jones and Bartlett Publisher.

Khomsan A. (2000). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Bogor: IPB Press.

Muniarti, Dina. (2011). Pengetahuan, Sikap, dan Praktik tentang Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Negeri Kebon Kopi 2 Bogor [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Muttaqin M, Rohyana SAB, Melani V. (2010). Pendidikan kesehatan anak melalui wahana permainan yang menarik dan edukatif di daerah Bogor [Laporan PKMM]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, Ria A. (2013). Perbedaan Pengetahuan Anaka Sekolah Dasar tentang Keamanana Jajanan Sekolah Setelah Mendapat Penyuluhan dengan Menggunakan Strategi Berbeda (Media Permainan Edukatif Ular Tangga dan Metode Ceramah) di SD N Soropodan Karangasem [skripsi]. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta

Steiner R. (1996). The Education of the Child and Early Lectures on Education. United States: Anthroposofic Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats