Pengaruh Edukasi Gizi Mindful Eating Semi Online (Meso) Terhadap Berat Badan, Asupan Zat Gizi Makro, Mindful Eating Pada Pekerja Dengan Gizi Lebih

Kirana Dwi Kusuma Putri, Khairizka Citra Palupi, Mertien Sapang

Abstract


Gizi lebih telah menjadi permasalahan global di seluruh dunia yang dapat menyebabkan peningkatan risiko beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular dan metabolik, penyakit osteoartikular, dan peningkatan semua penyebab risiko kematian. Hal tersebut dapat dibuktikan dari data Riskesdas (2018) Proporsi berat badan lebih pada dewasa usia > 18 tahun pada tahun 2007, 2013 dan 2018 sebesar 8.6%, 11.5%, 13.6%. Edukasi gizi sangat penting diperlukan untuk orang dewasa bermanfaat bagi peningkatan perilaku gizi seimbang. Online merupakan metode yang inovatif, efisien, dan hemat biaya untuk penerapan pendidikan gizi bagi pekerja yang tidak dapat terlepas dari gadget dalam kesehariannya. Pekerja memerlukan media edukasi gizi yang edukatif, kreatif, dan inovatif. Salah satu contohnya yaitu edukasi gizi melalui telepon genggam dengan pemanfaatan aplikasi whatsapp dapat merubah pola makan karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi mindful eating semi online terhadap berat badan, asupan zat gizi makro dan status mindful eating pekerja dengan gizi lebih pada pekerja dengan gizi lebih di Bank Mandiri Taspen. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian pre test dan post test control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019 – Juli 2019 dengan sampel sebanyak 46 orang 23 orang pada kelompok perlakuan dan 23 orang pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dan Independent Sample T-test. Hasil pada kelompok perlakuan didapatkan adanya pengaruh Mindful Eating semionline terhadap penuruan berat badan, asupan zat gizi makro dan mindful  eating (P≤0.05). Pada kelompok kontrol didapatkan adanya pengaruh GENTAS semi online terhadap perubahan berat badan, mindful eating, asupan zat gizi makro (energi, lemak, karbohdidrat) (P≤0.05), tidak ada pengaruh yang signifikan GENTAS semionline terhadap asupan protein (P≥0.05). Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penurunan berat badan, asupan zat gizi makro dan mindful eating (p≥0,05) antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Edukasi gizi GENTAS semi online pada kelompok memberikan hasil penurunan berat badan, asupan energi dan zat gizi makro serta mindful eating responden. Edukasi mindful eating semi online disertai dengan media visual daily food journal juga memberikan hasil penurunan berat badan, asupan energi dan zat gizi makro serta mindful eating yang signifikan, dan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok intervensi. Meskipun demikian, hasil yang didapatkan dari kelompok perlakuan dan kelompok kontrol tidak jauh berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa edukasi GENTAS semi online sudah cukup memberikan hasil yang signifikan.


References


World Health Organization. (2011). Overweight and obesity Department of sustainable development and healthy Environments.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI.

Sunita Almatsier, 2002, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Menteri Kesehatan. (2011) . Standar Antropometri Penilaian Status Gizi.Jakarta: Direktorat Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak

R. Rachmad Soegih, Kunkun K., 2009, Obesitas Permasalahan dan Terapi Praktis, Jakarta : Sagung Seto.

Sparrengberger, F., Cichelero, F., Ascoli, A., Fonseca, F., Berwarger, O., Fuchs, S., et al. (2009). Does physichosocial stress cause hypertension? A Systematic Review Of Observation Studies. Journal Of Human Hypertension, 23, 12-19.

Tedder, M., Shi, L., Si, M., Franco, R., & Chen, L. (2015). Mindfulness Theraphy A Study of Efficacy of Blood Pressure and Stress Control Using Mindful Meditation and

Eating Apss among People with High Blood Pressur. Medicines, 2, 298-309.

Smart, R., Chisum, A., Robertson- Pfeffer, K., & Tsong, Y. (2015). Women’s Experience with a Mindful Eating Course on a University Campus : A Pilot Study. Californian Journal of Health Promotion, 13 (1), 59-65.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet.

Notoatmojo, Siekidjo. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. PT Rineka Cipta : Jakarta

Gillis, “Relationship between juvenile obesity, dietary energy and fat intake and physical Activityâ€, Journal of the American College of Nutrition, Vol 15 no. 6: 891-896, 2004

Kharismawati, R. 2010. Hubungan Tingkat Asupan Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Dan Serat Dengan Status Obesitas.Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v12i02.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by
    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266

View My Stats