Variasi Menu, Penampilan, Rasa Makanan dan Kaitannya dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Hotel: Studi Cross-sectional

Rani Rahmasari Tanuwijaya, Nadea Kusumaayu Anugerah, Saskiyanto Manggabarani

Abstract


Kepuasan pada kualitas makanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi selera makan konsumen, salah satunya adalah karyawan. Jika para karyawan tidak puas dengan menu yang disajikan maka mereka tidak akan menghabiskan makanan sehingga kekurangan asupan energi dan dapat mempengaruhi produktivitas dan efiesiensi dalam pekerjaannya. Hal ini berdampak pada kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan dan akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variasi menu, penampilan dan rasa makanan dengan tingkat kepuasan karyawan di Hotel Patra Comfort Jakarta, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan jumlah responden 60 karyawan yang dipilih menggunakan Total Sampling. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square dan Fisher’s Exact Test. Hasil menunjukkan ada hubungan signifikan antara variasi menu dengan tingkat kepuasan (p = 0.024), ada hubungan signifikan antara penampilan makanan dengan tingkat kepuasan (p = 0.000), tidak ada hubungan signifikan antara rasa makanan dengan tingkat kepuasan (p = 0.094). Dapat disimpulkan bahwa variasi menu dan penampilan makanan berhubungan dengan tingkat kepuasan, tidak ada hubungan rasa makanan dengan tingkat kepuasan, dan disarankan kepada pihak hotel untuk lebih menambah variasi bahan makanan, variasi teknik pengolahan, meningkatkan variasi warna pada penampilan makanan, agar terjadi peningkatkan kepuasan kualitas makanan para karyawan.


References


PMK Pedoman Gizi Seimbang. 2014;1–96.

Sanath ATM. Hubungan antara Penampilan Makanan dengan Sisa Makan Siang pada Karyawan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Dr Diss. 2015;2.

Ronitawati P, Simangunsong DWT. Analisis Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Penyelenggaraan Makanan di Kantin Universitas Esa Unggul. Nutr Diaita. 2016;8(2):66.

Ismoyo DD. Pengaruh Variasi Menu dan Cita Rasa Makanan Buffet Dinner terhadap Kepuasan Tamu Restoran Gris di Crowne Plaza Semarang. J Ilm Pariwisata. 2017;3(1):66–73.

Andita S, Pangestuti DR, Aruben R. Hubungan Asupan Energi, Protein, Status Gizi, dan Suhu Lingkungan dengan Produktivitas Kerja (Studi Pada Para Pekerja CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang Tahun 2018). Kesehat Masy. 2018;6:422.

Krestanto H. Strategi dan Usaha Reservasi untuk Meningkatkan Tingkat Hunian di Grand Orchid Hotel Yogyakarta. Media Wisata. 2019;17(1):8.

Rozekhi NA, Hussin S, Siddiqe ASKAR, Rashid PDA, Salmi NS. The Influence of Food Quality on Customer Satisfaction in Fine Dining Restaurant: Case in Penang. Int Acad Res J Bus Technol. 2016;2(2):45–50.

Tanuwijaya LK, Novitasari TD, Arfiani EP, Wani Y, Wulandari DE. Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit. J Gizi. 2019;8(1):50.

Nareswara AS. Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indones. 2017;1(1):34–9.

Oksandi, Rahman N, Arifuddin A. Penyelenggaraan Makanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu. Ghidza J Gizi dan Kesehat. 2019;2(2):55.

Marlina Y, Fitriani, Ulfa R. Gambaran Penampilan Makanan dan Daya Terima Makanan Lunak di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta. 2019;13.

Agustina F. Hubungan antara Daya Terima Makanan dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pasien Hipertensi Rawat Inap di RSUD dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Publ Ilm Univ Muhammadiyah Surakarta. 2016;9.

Wahyunani BDWI. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Gizi dengan Sisa Makanan Pasien di Ruang VIP RS Panti Rapih Yogyakarta. 2017;

Pratiwi T. Hubungan Variasi Menu dan Cita Rasa Dengan Tingkat Kepuasan Siswa Pada Katering Sekolah di SMP Daar El Salam Bogor. Skripsi Poltekkes Jakarta. 2020;

Aliffianti R. Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Makanan di Rumah Sakit “Aisyiyah Purworejo.” Gizi Masy. 2015;19(01):5.




DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v14i01.4793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by
     

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266

View My Stats