Hubungan Kepuasan Pelayanan Gizi terhadap Sisa Makanan pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran
Abstract
Latar Belakang: Gizi merupakan salah satu aspek kesehatan yang memiliki peran penting dalam peningkatan produktivitas tenaga kerja, terutama tenaga kesehatan yang memiliki tugas melayani pasien saat pandemi. Untuk meningkatkan imunitas diperlukan juga asupan makan yang baik yang dapat dilihat dari pemenuhan kebutuhan gizi dan juga kepuasan pelayanan gizi yang diberikan kepada tenaga kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pelayanan gizi terhadap sisa makanan. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Cross-Sectional. Penelitian ini dilakukan pada April 2022 dan terdapat populasi sebanyak 576 tenaga kesehatan dan sampel penelitian diambil menggunakan metode accidential sehingga didapatkan jumlah sampel yaitu 137 sampel tenaga kesehatan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Pengambilan data dilakukan menggunakan Google Form yang berisi kuesioner terkait kepuasan pelayanan gizi dan sistem Comstock untuk data sisa makanan. Uji statistik dilakukan secara deskriptif yang dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penampilan makanan (nilai p=0,94), variasi (nilai p=0,19), aroma (nilai p=0,33), rasa (nilai p=0,25), higienitas (nilai p=0,65), kuantitas (nilai p=0,57) dan keseluruhan (nilai p=0,27) dengan sisa makan. Sisa makanan dapat dipengaruhi dari berbagai faktor, semakin sedikit sisa makanan maka semakin tinggi tingkat pemenuhan gizi tenaga kesehatan.
Kata kunci: Pelayanan Gizi, Kepuasan, Sisa Makanan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v15i02.6650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266