FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANGERANG TAHUN 2016

Tuhpatul Ahwazi, Muhammad Cholifihani

Abstract


Abstract

Due to importance of the health service, therefore is needed quality improvement and health services, so there are many factors affected. In this research the factors that affected in health service is an activity results as an individual or organization who have the same goals to fullfill necessary by means of others person activity. The Purpose : (1) to determine the affect between Proffesionalism and service organization performance in RSUD Tangerang city. (2) to determine the affects between leadership and service organization performance RSUD Tangerang city. (3) to determine the affects between an authority of management and service organization performance in RSUD Tangerang city. This research is quantitative research. In this research there are four variables, Proffesionalism (X1), Leadersip (X2), an authority of managements (X3) and service organisation performance (Y). Variable measurement in this research is using ordinal scala. Data were collected through questionnaire. The result of this research show that (1) Proffesionalism variable affets to service organization performance in RSUD Tangerang city with probability value 0,0002, (2) Leadership variable affects to service organization performance in year 2016 with probability value 0,0018, (3) An authority management variable doesn’t affect to service organization performance in year 2016 with probability value 0,204.

 

Keywords : factors affecting service organization performance, professionalism, leadership

 

Abstrak

Mengingat pentingnya pelayanan kesehatan, maka perlu adanya meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi. Dalam hal ini faktor-faktor yang mempengaruhi kualitias pelayanan kesehatan adalah kinerja pelayanan di rumah sakit. Tujuan dalam (1) Untuk mengetahui pengaruh antara profesionalisme dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kewenangan diskresi dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini ada 4 variabel, yaitu profesionalisme (X1), kepemimpipinan (X2), kewenangan direksi (X3), dan kinerja pelayanan organisasi (Y). Pengukuran variabel dalam penelitian ini menggunakan skala ordinal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa1) Variabel Profesionalisme berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000.2) Variabel Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,018. 3) Variabel Kewenangan Direksi tidakberpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,204.

 

Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan organisasi, profesionalisme, kepemimpinan


References


Daftar Pustaka

Bahri, Syamsul. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos. Yogyakarta: Deepublish.

Bahri, Syamsul. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos. Yogyakarta: Deepublish.

Bastian, indra. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta :Erlngga.

Bonde, Switika. (2013). Hubungan Profesiona-lisme Aparatur Pemerintah Dengan Kualitas Pelayanan Publik (Suatu Studi di Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa). Jurnal Administrasi Publik.

Cahyono, Suharjo. (2008). Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius.

Colbert, Amy E. Timothy A. Judge. Daejong Choi & Gang Wang. (2012). Assessing The Trait Theory Of Leadership Using Self And Observer Ratingsof Personality: The Mediating Role Of Contributions To Group Success. Journal Of Leadership Quarterly.

Djaali., Mulyono, Pudji. (2007). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Djaali., Mulyono, Pudji. (2007). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSs 19. Edisi 5. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Ibm Spss 21. Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo., I Nyoman Sudita. (2008). Perilaku Keorganisasian. Cetakan Ketiga. Jogyakarta : BPFE.

Hadriansyah, Muhammad Adib. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Hafid, Muh Anwar. (2014). Hubungan Kinerja Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis dalam Pelayanan Keperawatan di Rsud Syech Yusuf Kab.Gowa. Jurnal Kesehatan. Volume 7 Nomor 2.

Hasibuan, Malayu S.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlina, Dwi. (2010). Success in Young Age. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Herujito, Yayat M. (2001). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Grasindo.

Herujito, Yayat M. (2001). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta:PT Grasindo.

Kartini Kartono. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.

Kreitner., Kinicki. (2010). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill.

Lousyiana, Tiara Thita., Harelen. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol.7 No.3.

Mandasari, Andilia. (2014). Pengaruh Profesionalisme Pegawai terhadap kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat. Ejournal Adminstrasi Negara. Vol 4 No 2.

Masri, Sulaiman. (2003). Kaedah penyelidikan dan Panduan Penulisan. Malaysia: Yeohprinco SDN. BHD.

Matori. (2015). Pemikiran Politik Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Deepublish.

Maulana, Heri D,J. 2007. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.

Moenir, H.A.S. (2010). Manejemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Poerwopoespito, F.X. Oerip. S dan T.A. Tatag Oetomo. (2000). Mengatasi Krisis Manusia diPerusahaan. Jakarta : Grasindo.

Prismawati, Evi. (2012). Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi kasus Pada SKPD Kabupaten Sukoharjo). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Prismawati, Evi. (2012). Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi kasusu Pada SKPD Kabupaten Sukoharjo). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Pujowati, Yenik. (2012). Implementasi Kebijakan Peningkatan Pelayanan Kesehatan (Tentang Pelaksanaan Program Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas Ngronggot Kabupaten Nganjuk). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol 3 No 1.

Purba, Orinton. (2011). Petunjuk Praktis bagi RUPS, Komisaris, dan Direksi Perseroan Terbatas agar Terhindar dari Jerat Hukum. Jakarta:Raih Asa Sukses.

Ramah, Putri Aulya. (2014). Studi Tentang Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan dengan Sistem Rujukan di Puskesmas Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan. Volume 3 No 1.

Ramah, Putri Aulya. (2014). Studi Tentang Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan Dengan Sistem Rujukan di Puskesmas Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan. Volume 3 No 1.

Rasyad, Rasdihan. (2003). Metode Deskriptif Untuk Umum. Jakarta: Grasindo.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A., (2009). Organizational Behavior. 13th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Roscahyo, Agung. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Siti Khodijah Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol 2 No 2.

Roscahyo, Agung. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Siti Khodijah Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 2 No. 12.

Saidi, Zam. (2007). Ilusi Demokrasi. Jakarta: Republika.

Setiawan, Agung. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 1 Nomor 4.

Sudarma, Momon. (2008). Sosiologi Untuk Kesehatan. Jakrata: Salemba Medika.

Sudarso, Andriasan. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2010). Metode Peneletian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & Rnd. Bandung: Alfabeta.

Sulastomo. (2000). Manajemen Kesehatan. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumiyati, Asri. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Kepala Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang Tahun 2006. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suwatno, Donni Juni Priansa. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisinis. Bandung: Alfabeta.

Syafrudin., Hamidah. (2000). Kebidanan Komunitas. Jakarta: EGC.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT Grasindo.

Tangkilisan, Hessel Nogi. (2005). Manajemen Publik. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Grasindo.

Wiratama, I Nyoman Jaka Alit., & Sinataasih, Desak Ketut. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Diklat, Dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pdam Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.47007/publika.v5i2.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jakarta
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta Barat
(021) 567-4223 ext 266
[email protected]
    


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.