Dampak Persepsi Masyarakat Terhadap Visual Pada “Disclaimer†Mengenai Peringatan Bahaya Merokok Pada Media Iklan Rokok Cetak dan Elektronik

Ahmad Fuad

Abstract


Tujuan Jangka Panjang dari hasil penelitian ini adalah untuk memberikan kesadaran dan pengurangan merokok kepada masyarakat umum, akan bahayanya merokok melalui iklan layanan masyarakat.Target khusus dari penelitian ini adalah kepada para desainer komunikasi visual agar dapat membuat sebuah “disclaimer†yang baik, memilih visual yang sesuai dengan rencana target.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif. Metoda Penelilitian Kualitatif adalah penelitian ilmiah yang berdasarkan teori–teori yang akan diterapkan ke dalam proses pembuatan sebuah “disclaimer†iklan produk rokok yang dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Pada akhirnyaiklan “disclaimer†mengenai larangan merokok dapat memiliki pengaruh yang besar kepada masyarakt, untuk tidak mengkonsumsi rokok lagi dan kepada calon perokok baru. Proses survey dan memperbandingkan iklan layanan masyarakat lain adalah bagian yang penting dalam penelitian ini karena hal ini memberikan hubungan yang mendasar antara pengamatan dilapangan dan kenyataan.

 

Kata kunci: disclaimer, media iklan

References


Buttler, Jill, Hudson, Kristina, lidwell, william, Universal Principle of design, rockport publisher, USA, 2004.

Buttler, Jill, Hudson, Kristina, lidwell, william, Universal Principle of design, rockport publisher, USA, 2004.

Ergonomi-fit.blogspot.com

Kartajaya, Hermawan, Yuswohady, Jacky Mussry, Taufik, Positioning, Differensiasi, Brand, Penerbit Gramedia Media Utama. Jakarta, 2005.

Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit Rosda,Bandung, 2002.

PENA&PARSHAL, Problem Seeking, Jhon Willey & Sons. Inc, USA

Rakhmat Supriyono,Desain komunikasi visual teori dan aplikasi, Penerbit Andi, 2010

Sunarto, Priyanto, introduksi: Semiotika dalam Komunikasi Visual, hand out Desain Komunikasi Visual ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat