DESAIN MEJA SETRIKA MUSIK DIGITAL BERBASIS INTERAKTIF

John Viter, Abdul Rojak

Abstract


Abstrak

Menyetrika pakaian merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang cukup berat dan melelahkan, terutama bagi beberapa ibu, menyetrika merupakan pekerjaan yang membosankan. Meja setrika yang ada selama ini tidak hanya baik dari segi fungsi, ergonomi dan kekuatannya saja. Tetapi, ada salah satu kekurangan yang ada di meja setrika tersebut yaitu tidak terdapatnya bagian yang berfungsi untuk fasilitas mendengarkan musik. Oleh karena itu, dilakukan perancangan meja setrika yang dapat mengeliminasi kelemahan tersebut. Dalam perancangan ini digunakan metode seleksi konsep sebagai media bantu pengembangan perancangan. Langkah perancangan dimulai dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan (customer needs). Langkah selanjutnya adalah study eksisting, yaitu dengan mengumpulkan data meja setrika yang ada dipasaran Indonesia. Data tersebut digunakan untuk spesifikasi produk dan fungsi yang diinginkan. Kemudian fungsi tersebut dibuat menjadi konsep dengan menggunakan Morphology Chart. Hasil konsep akan dipilih alternatif terbaiknya melalui Concept Screening (matrik penyaringan konsep) dan Concept Scoring (matrik penilaian konsep). Lalu dari konsep tersebut dikembangkan dan dibuat gambar digital prototyping. Untuk pengembangan konsep dilakukan pengujian konsep sebagai informasi tambahan sehingga konsep perancangan dapat diperbaiki lagi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Hasil akhir dari perancangan ini adalah digital prototype meja setrika.

Kata kunci: desain, meja setrika, musik digital, interaktif

                                              Abstract

Ironing clothes is one of domestic work is quite heavy and tiring, especially for some mothers, ironing is a boring job. Ironing boards that have so far not only in functionality, ergonomics and strength alone. However, there is one of the shortcomings that exist in the ironing board, namely the absence of a functioning part of the facility of listening to music. Therefore, to design ironing can eliminate these weaknesses. In the design concept of the selection method is used as a medium of design development tools. Step design starts with knowing the needs and wants (customer needs). The next step is a study of existing, namely by collecting data ironing in the market Indonesia. The data is used for the specification of the product and the desired function. The function then made into the concept of using Morphology Chart. Results will be chosen best alternative concepts through Concept Screening (screening matrix concept) and Scoring Concept (concept assessment matrix). Then from the concept developed and made digital images prototyping. For the development of the concept of testing the concept, as additional information so that the design concept can be repaired in accordance with the wishes and needs of consumers. The end result of this design is a prototype digital ironing boards.

Keywords: design, ironing board, digital music, interactive


Full Text:

PDF

References


DaftarPustaka

Aryanto,Yunus. (2009). 173 Meja Dan Kursi. Jakarta: Griya Kreasi.

Chazawi,Andani. (2007). Tindak Pidana Hak Atas Kekayaan Intelektual. Malang: Bayumedia Publishing.

Damiera, Annie. (2007). Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Designer & Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic.

Darmaprawira, Sulasmi W.A. (2002). Warna. Bandung: ITB.

Ginting, Rosnani. (2010). Perancangan Produk. Yogyakarta: GrahaIlmu.

http://id.wikipedia.org/wiki/alumunium

http://id.wikipedia.org/wiki/handset

http://id.wikipedia.org/wiki/kaca

http://id.wikipedia.org/wiki/karet

http://id.wikipedia.org/wiki/kayu

http://id.wikipedia.org/wiki/mp3

http://id.wikipedia.org/wiki/pekerjarumahtangga

http://id.wikipedia.org/wiki/pengisibaterai

http://id.wikipedia.org/wiki/pvc

http://id.wikipedia.org/wiki/stainlessteel

http://id.wikipedia.org/wiki/titanium

http://id.wikipedia.org/wiki/usb

http://www.alibaba.com/product

http://www.beritakaget.com

http://www.google.com

http://www.pekerjarumahtangga.com

http://www.setrika.com

K, Eddy Soegiarto dan Mardyono. (2007). Pengantar Teori Ekonomi, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro.

Lindstrom, Martin. (2000). Top Brand Anakdan Remaja.

Murdiyatmoko, Janudan Citra Handayani. (2013). Advanced Learning Sociology 1 for Grade x Senior High School Social Sciences Programme.

Sinungan, Muchdarisyah. (1986). Produktivitas Apa & Bagaimana.

Ulrich, Karl Tdan Steve D Eppinger. (2001). Perancangan Pengembangan Produk. Jakarta: SalembaTeknika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat