DESAIN KARAKTERISTIK BUSANA POLISI PARIWISATA UNTUK MUSEUM BERTEMA BAHARI MELALUI PENDEKATAN FASHION SYSTEM ROLAND BARTHES (STUDI KASUS MUSEUM BAHARI DI PULAU JAWA)

Putri Anggraeni Widyasuti

Abstract


Abstrak

Indonesia sebagai negara bahari memiliki potensi wisata bahari. Salah satunya museum bertema bahari yang berlokasi di Pulau Jawa. Di museum ini ditampilkan artefak kebaharian Indonesia. Sayangnya dari segi keamanan tidak memadai bagi para turis. Untuk itu kehadiran polisi pariwisata amat penting dalam meningkatkan keamanan bagi daerah pariwisata demi memberikan rasa aman bagi turis. Sayangnya desain busana polisi pariwisata saat ini tidak mewakili tema-tema tertentu sesuai dengan lokasi pariwisata (dalam hal ini museum bertema bahari). Untuk itu diperlukan desain karakteristik busana polisi pariwisawa untuk museum bertema bahari dengan melalui pendekatan fashion system Roland Barthes.

Kata kunci: busana polisi pariwisata, desain karakteristik, fashion system roland barthes, museum bertema bahari


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agus Sachari. (2005). “Metodologi Penelitian Budaya Rupa.†Bandung: Penerbit Erlangga.

Arsyad, Rosihan. (2015). “Kelautan atau Maritimâ€, http://www.shnews.co/kolom/pe riskop/detile-23-kelautan-atau- maritim.html, 22 Februari pukul 12.20 WIB.

Barnard, Malcolm. (2007). (terj.) Indi Subandy Ibrahim. “Fashion Sebagai Komunikasiâ€, Jalasutra, Yogyakarta dan Bandung, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). “Kamus Besar Bahasa Indonesia.†Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Gunawan, Belinda. (2002). “Kenali Tekstil.†Jakarta: Dian Rakyat.

Hardisurya, Irma, Ninuk Mardiana Pambudy, Herman Jusuf. (2011). “Kamus Mode Indonesia.†Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hardisurya, Irma. (2004). “Warna bagi Citra dan Penampilan.†Jakarta: PT Gaya Favorit Press.

Jechte, John. (2007). “50 Filsuf kontemporerâ€, Cetakan ke-6. Yogyakarta: Kanisius.

Jones, Sue Jenkyn. (2005). “Fashion Design Second Edition.†London: Laurence King Publishing.

Munandar, Agus Aris, dkk. (2011). “Sejarah Permuseuman di Indonesia.†Jakarta: Direktorat Permuseuman.

Raffles, Thomas Stamford. (2014). “History of Java.†Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Yulianto, Kresno, dkk. (2013). “Museum Tematik di Indonesiaâ€, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat