PENERAPAN 3D MODEL SEBAGAI KONSEP PERANCANGAN DOMPET PLUG IN PADA HELM PENGENDARA SEPEDA DI WILAYAH KOTA DAN SEKITARNYA

Ahmad Alwi Arif Harahap, Geggy Gamal Surya

Abstract


Dalam bersepeda biasanya beberapa orang memilih untuk membawa sebuah tas untuk membawa keperluannya, bahkan ada juga yang hanya mengantungi barang-barang berharganya dalam saku celana, yang mana hal tersebut kadang membuat tidak nyaman dalam mengayuh sepeda karena terganggu dengan keberadaan benda pada saku celana.Benda -benda yang biasanya dibawa pada saku celana tidak jauh seperti kartu ataupun uang tunai yang memang diperlukan saat berada di luar rumah. Terkadang meletakkannya dalam saku pun menimbulkan rasa khawatir seperti kemungkinan kartu yang bisa patah atau bahkan terjatuhnya benda dari dalam saku. Berbeda lagi dengan dompet yang jika diletakkan pada saku celana akan memberikan volume tambahan pada tubuh, sehingga terasa tidak nyaman saat harus menyimpannya seperti itu. Dengan mencermati detail-detail seperti itu, maka kita dapat menawarkan solusi yang efektif bagi pengguna sepeda untuk dapat merasa nyaman selama berkendara dan tentunya aman. Untuk menghadirkan hal seperti itu perlu adanya rancangan suatu dompet plug-in yang dapat diletakan pada benda yang berkaitan dengan sepeda yaitu helm, karena saat berkendara jauh alat keselamatan seperti helm perlu untuk digunakan untuk mengurangi resiko kecelakaan.Penambahan dompet plug-in pada bagian helm sepeda dapat menjadi suatu solusi yang inovatif bagi pesepeda dengan bawaan yang sedikit dan waktu yang terbatas, dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir mengenai barang bawaannya karena tersimpan aman dalam dompet plug-in yang berada pada helmnya. Tidak lupa juga demi menjaga keamanan barang dari si pengguna, penambahan kuncian yang tepat dan kuat akan membantu dalam melindungi keamanan dari dompet plug-in itu sendiri.

 

Kata kunci : Dompet, helm, sepeda


Full Text:

PDF

References


Aini Q, Rahardja U, Moeins A, Apriani DM. (2018). Penerapan Gamifikasi pada Sistem Informasi Penilaian Ujian Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen. J Inform Upgris. 2018;4(1).

Antou SW, Siwu JF, Mallo JF. (2013). Manfaat Helm Dalam Mencegah Kematian Akibat Cedera Kepala Pada Kecelakaan Lalu Lintas. J BIOMEDIK. 2013 Sep;5(1).

Asal-Usul Dompet dan Sejarah Dompet. Asal-Usul Blogspot. 2018. p. 1.

Batara AS. (2018). Healthy Setting Ruang Publik Perkotaan: Sebuah Konsep Terminal Sehat. Muzakkir AK, editor. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn); 128 p.

Depok DK dan IK. Sejarah Depok. Portal Resmi Kota Depok. p. 1.

Fauzi, Muhammad., Arif AA. (2020). Desain Pillow Mask Sebagai Fasilitas Kesehat Bagi Mhs Pekerja Paruh Waktu.

Gisda Afrizal. (2020). Aksesoris Sepeda yang aman dan nyaman saat bersepeda.

Hills L. (2004). The Bicycle. Mankato, Minessota: Capstone; 32 p.

Judianto Oskar DI. (2020). Kajian Fungsi “Easy Side Table” Pada Ruang Belajar Dengan Lahan Terbatas.

Kencana, D Dhanna. YH, Nurhidayat M. (2019). Perancangan Tas Backpack Untuk Kebutuhan Pengguna Sepeda Bike To Work. e-Proceeding Art Des. 2019; Vol.6, N.

Kurniawan A. (2014). Menyatukan dan Memajukan Islam Dengan Dua Kalimat: Menyatukan dan Memajukan Islam. Andy Kurniawan; 57p.

Luthfiyah MF&. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher); 234 p.

Malabay., Geggy, Gamal., Jhon V. (2016). Pemodelan Terapan Teknologi Informasi Melalui Produk Kreatif Sebagai Upaya Inspirasi Dan Inovasi Usaha Mikro Kecil Menengah.

Mubarok I. (2018). Pengertian Plugin Beserta Jenis dan Fungsinya [Internet]. Niagahoster Blog. Available from: https:// www.niagahoster.co.id/blog/plugin-adalah/

Surya GG. Surya, Geggy., G. (2019). Gaya Pendidik 3D Model KE 3D Print Sebagai Langkah Dasar Desain Sesuai Revolusi Ind Ke Empat.

Suryanto, Djunaedi A, Sudaryono. (2015). Aspek Budaya Dalam Keistimewaan Tata Ruang Kota Yogyakarta. J Perenc Wil dan Kota. 2015;26(3):230–52.

Widyastuti P anggraeni. Widyastuti, Putri. (2020). Pembelajaran 3D Print sebagai Metod Peranc Prod kostum Stud Kasus Ind cosplay.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat