PEMANFAATAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK HDPE PADA PERANCANGAN BADAN JAM TANGAN

Farhan Ainu Bikzy, Oskar Judianto

Abstract


Jam tangan merupakan aksesoris berupa mesin yang dipakai di pergelangan tangan sebagai penunjuk waktu, jam tangan diciptakan manusia melekat melingkari pergelangan tangan manusia agar manusia dapat dengan mudah mengetahui waktu. Penelitian ini merupakan tugas akhir penulis dengan judul “Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Plastik HDPE pada Perancangan Bandan Jam Tangan ”. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan sampah tutup botol plastik agar mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dengan cara diolah dan dibuat menjadi sebuah produk jam tangan. Dikarenakan banyak dari sampah HDPE langsung dijual pada pengepul tapi tidak mempunyai nilai tinggi, hanya tujuh ribu rupiah hingga dua belas ribu rupiah dengan berat satu kilogram. Dalam merancang produk jam tangan ini peneliti menggunakan metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan produk badan jam tangan menggunakan bahan dari tutup botol plastik dengan konsep daur ulang. Dengan melalui proses peleburan sampah tutup botol plastic HDPE dicetak lalu dibentuk sesuai dengan desain perancangan pada badan jam tangan. Kesimpulan yang didapatkan bahwa sampah tutup botol plastik dapat dirancang menjadi badan jam tangan dengan gaya desain pop art dengan tema exuberant dari trendforecasting Indonesia pada tahun 2020.

 

Kata kunci: Jam tangan, sampah tutup botol plastik, popart


Full Text:

PDF

References


Agus, Sachari. (2005). Seni Rupa Dan Desain. Jakarta: Gelora Aksara Pratama Erlangga.

Amrizal, Akmal,Ahmad. Dkk. (2020). Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal: Desain Kriya, Kriya Tradisional dan Aset Budaya Lokal. Yohyakarta: CV. Budi Utama

Dani Sucipto (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Farida. (2018). Daur Ulang Limbah. Surabaya: Iranti Mitra Utama, CV

Felicia A, Putri AW, Oskar J. (2020). Pengembangan Ergonomi Bentuk Desain Seterika. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur. Mar: Vol.3: 494.

Geggy GS. (2019). Gaya Pendidikan 3d Modelling (cad/caid) ke 3D Printing Sebagai Langkah Dasar Desain Sesuai Revolusi Industri ke Empat. Gaya Pendidikan 3D Modelling. 2019 Okt: Vol.7 No.1: 24.

Indra GR, Putri AW. (2020). Kajian Desain Interior Perpustakaan Anak di Pulau Untung Jawa. Fakultas Arsitektur dan Desain. 2020 Juni: Vol.2 No.1: 99-116.

Jhon VM, Jonathan N. (2020). Perancangan Kursi Rotan dengan Penerapan Trendforcasting. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur. 2020 Mar: Vol.3: 546-547.

Masri, Andry. (2010). Strategi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Muhammad F, Ahmad A. (2020). Desain pillow mask sebagai fasilitas kesehatan bagi mahasiswa pekerja paruh waktu. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA). 2020 Mar: Vol.3

Putri AW, Huddiansyah. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Universitas Pembangunan Veteran. 2020 Nov: Vol.2 No.2: 167-180.

Sugiyono. (2006). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutalaksana, Iftikar Z. (1979). Teknik dan Tata Cara Kerja. Departemen Teknik Industri. ITB Bandung

Yanti, Teteh. (2012). Daur Ulang: Sulap Sampah Menjadi Barang Bermanfaat. Jakarta: Jakarta Demedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat