PERANCANGAN VIDEO INFOGRAFIS SEJARAH PERJALANAN MATA UANG DI INDONESIA

Teddy Velintino, Rudi Heri Marwan

Abstract


Uang Merupakan instrumen perekonomian yang sangat penting. Hampir semua kegiatan ekonomi sangat bergantung pada instrumen ini yang antara lain, berfungsi sebagai alat tukar ataupun alat bayar. Oleh karena itu, kehadiran uang dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, terutama untuk memperoleh barang, jasa, serta kebutuhan hidup lainnya. Melihat uang adalah instrument penting dalam perekonomian saat ini, dan pentingnya ilmu sejarah sebagai pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan. Alangkah lebih baiknya masyarakat juga mengetahui sejarah mengenai uang itu sendiri terutama uang yang ada di Indonesia, yang merupakan alat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari, Namun pengetahuan mengenai sejarah uang di Indonesia belum terlalu dikenal dan tersebarluaskan kepada seluruh masyarakat dan ditambah kurangnya minat baca dari masyarakat, dan solusi untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengetahui sejarah uang di Indonesia adalah merancang sebuah video infografis sejarah perjalanan mata uang di Indonesia, yang dimana dalam isi konten video infografis tersebut dapat menjadi media edukasi sekaligus informasi terupdate mengenai uang di Indonesia. Perancangan Video Infografis Sejarah Perjalanan Mata Uang di Indonesia memiliki banyak kelebihan dibanding video infografis lainnya, yaitu interaktif, infomasi lebih banyak, jangkauan luas dan mudah diakses, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat dalam mengenal uang yang ada di Indonesia.

 

Kata kunci : video, infografis, sejarah


Full Text:

PDF

References


Avianto, Lufti. (2009). Ayo Belajar Komunikasi. Jakarta : PT. Glory Offset Press.

Dameria, Anne. (2007). Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan industri Grafika. Jakarta: Link Match Graphic.

Endah, Nilla (2019). Mengenal Sejarah Uang. Sukoharjo: Graha Printama Selaras

Huddiansyah. (2017). IBM Pada Aplikasi Supergrafis Untuk Media Promosi UKM Toko Baju Betok di Pulau Untung Jawa, Journal of Design. DKI Jakarta.

Imanto Teguh. (2007). Film Sebagai Proses Kreatif Dalam Bahasa Gambar. Journal of Communicology.

Lucius C R, Fuad Ahmad. (2017). Coloring your information: How designers use Theory of Color in creative ways to present infographic. Journal of Design.

Marwan Rudi Heri. (2018). Kajian Semiotika Motif Ornamen Batik Baju Karyawan Serbagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta. Journal of Idea Design.

Mustaqim Karna. (2018). Drawing Perform’s: An Artistic Research. Journal of Art.

Mustaqim Karna. (2013). Penelitian Atas Penelitian Seni Dan Desain: Suatu Studi Kerangka Filosofis-Paradigmatis bagi Penelitian Seni dan Desain Visual. Journal of Art and Design.

Nuryadi. (2019). Karya Berita TVInfographic "Gonjang Ganjing Pindah Ibukota”, Program Metro Siang. Journal of Infographic.

Pertiwi Ratih, Widyastuti Putri Anggraeni, Huddiansyah. (2019). Visualisasi Permainan Traditional Dakon Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Design.

Rustan, Surianto. (2010). Huruf & Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Rustan, Surianto. (2014). Layout Dasar & Penerapan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Viter, Jhon. (2015). Perancangan Ulang Corporate Identity Wisata Pulau Untung Jawa. Journal of Corporate Identity.

Zahar Iwan. (2011). Written Exams: Concrete Solution to Solve Image-Text Relation for Visual Communication Design’students (art students)?. Journal of Idea Design.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat