PERANCANGAN RELOKASI SEKOLAH WORKSHOP SHELTER BAGI ANAK AUTIS YAYASAN BINA ABYAKTA
Abstract
Tidak semua anak dilahirkan dalam keadaan normal layaknya anak-anak pada umumnya. Ada beberapa anak yang dilahirkan lalu bertumbuh dengan membutuhkan penanganan khusus. Kita mengenal mereka dengan istilah Anak Berkebutuhan Khusus. Salah satu contoh anak berkebutuhan khusus adalah anak autis. Namun demikian, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, anak autis juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Maka dari itu pemerintah maupun swasta menyediakan fasilitas bagi para anak autis dalam menimba ilmu, seperti Sekolah Luar Biasa, Shelter bagi Anak Autis, Sekolah Inklusi dan sebagainya. Sekolah yang disediakan bagi anak-anak autis tentunya memiliki keunikan tersendiri mengingat kebutuhan mereka yang berbeda. Yayasan Bina Abyakta dipilih sebagai studi perancangan dikarenakan yayasan ini tidak hanya memfasilitasi pendidikan bagi anak autis, melainkan menyediakan lapangan kerja bagi para alumninya. Sehingga dari pada itu, perancangan ini dikhususkan bagi sekolah dan workshop shelter bagi anak autis yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anak autis dalam menimba ilmu.
Kata kunci: workshop shelter, autis, anak berkebutuhan khusus
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A. D. (2018). Penerapan Warna Pada Ruang Interior Anak Autis. Jurnal Desain & Seni, FSDK- UMB, 40.
Biran, M. I., & Nurhastuti. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Kuningan: Goresan Pena.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016, - -). Tentang Disabilitas. Dipetik Desember 06, 2019, dari UU Nomor: 8 Tahun 2016: http://pug-pupr.pu.go.id
Paron-Wildes, A. (2014). Interior Design for Autism from Childhood to Adolescene. Canada: Wiley.
Reber, A. S. (1985). Dictionary of Psychology. London: Penguin Books.
Reefani, N. K. (2016). Panduan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Penerbit Kyta.
Yatim, F. (2007). Autisme: Suatu Gangguan Jiwa pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Web Stat