Multimedia Interaktif Flash Flip Book Pakaian Adat Betawi
Abstract
Penulisan ini mengambil judul Multimedia In- teraktif Flash Flip book Pakaian Adat Betawi, yang merupakan syarat dari kelulusan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual. Pengambilan judul ini merupakan pengenalan flash book kepada masyarakat remaja yang tingkat kesadaran dalam membaca rendah dengan tema yang mengangkat tentang pakaian adat Betawi, yang nantinya akan dipromosikan dengan CD melalui Lembaga Kebudayaan Betawi. Dalam ini penulis melakukan penelitian ke Lembaga Kebudayaan Betawi, Sanggar Pitung, dan Situ Babakan (Kampung Betawi). Penulis mengangkat tema tantang pakaian adat Betawi dengan maksud agar masyarakat khususnya kalangan remaja dapat melestarikan pakaian tersebut. Dengan menggunakan objek gambar yang berupa foto untuk se- tiap pakaian adat betawi, serta menggunakan beberapa teknik photoshop sebagai layout dari cover CD dan guna mempertajam hasil foto yang akan ditampilkan dalam karya tersebut. Penerapan warna yang tepat untuk lay- out dalam karya ini serta font type yang cocok untuk memaksimalkan hasil tulisan ini. Setiap pakaian adat betawi akan dijelaskan di dalam karya penulis yang akan dijadikan media utama tulisan ini. Mulai dari jenis pakaian, nama pakaian, serta kegunaan masing-masing pakaian yang ada dalam adat betawi. Penulis akan menjelaskannya melalui media interaktif flash tersebut.
Â
Kata kunci: multimedia, interaktif, flip book
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darmaprawira W.A., Sulasmi. 2002. arna: teori dan kretivitas penggu- naannya ed. ke-2. Bandung : ITB.
Binanto, Iwan. Multimedia digital dasar teori dan pengembangannya. 2010. Yogyakarta.
Gill, Bob. 2003. Graphic Design as a Second Language. Australia.
Kountur, Ronny. Metode penelitian, untuk penulisan skripsi dan tesis. 2009. Jakarta
Lee, Monle & Carla Johnson. 1999. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global.
Safanayong, Yongky. Desain Komunikasi Visual. 2010
Sihombing, Danton. Tipografi dalam desain grafis. 2001. Jakarta
Sutherland, Max & Alice K. Sylvester. 2007. Advertising and The Mind of the Consumer. Jakarta : PPM.
Tappenden, Curtis. Luke Jefford & Stella Farris. 2004. Graphic Design. London.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Web Stat