ANALISA PEMAKAIAN LAMPU LED TERHADAP ENERGI DAN EFISIENSI BIAYA DI PT. TOTAL BANGUN PERSADA TBK

Arief Suwandi, Feri Fardian

Abstract


Abstrak

Penerangan sangat penting dalam berbagai aktifitas di perkantoran, sehingga menjadi dominan dalam tinjauan pemakaian energi listrik diperusahaan. Permasalahan penerangan timbul pada saat jumlah orang dalam ruangan berbeda dengan kapasitas yangseharusnya (lebih sedikit atau lebih banyak) terutama padasaat kondisisepi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pemborosan energi listrik. Pemborosan energi listrik ini sudah menjadi perhatian khusus, karena tingginya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk penerangan. Analisis Break Event Poit (BEP) dan Return On Investmen (ROI) dilakukan untuk mengkaji perubahan listrik Fluorecency dengan lampu LED, kemudian dilakukan analisis pengaruh dan dampaknya dengan perubahan jenis lampu LED di perusahaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat penghematan energy yang signifikan dan penghematan biaya perusahaan. Nilai efisiensi dan ekonomis yang didapat dari penggunaan lampu LED adalah Rp 84.144.416,6 dengan titik impas atau Break Event Point (BEP) berada pada tahun 1,63 tahun atau kurang lebih 1 tahun. Dan nilai ROI sebesar 52.59%.

 

Kata kunci: Listrik fluorecency, LED, BEP, ROI, efisiensi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Degarmo, E.P, dkk. (1997). Ekonomi teknik edisi kesepuluh. Jakarta: PT Prenhalindo.

Dunn & Rankin. (2004). Scaling method. New Jersey: Lawrence elbaum.

Moritian, D.I., Tanuwijaya, H. dkk. (2013). Analisis kelayakan investasi dan monitoring usaha nudidaya ikan bandeng secara intensif berbasis web di SIDAYU Kabupaten Gresik. JSIKA, 2: 66-71.

Nourmayanti, D. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan kelelahan mata pada pekerja pengguna komputer di Corporate Customer Care Center (C4) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk tahun 2009. [Skripsi]. Jakarta

Ridley, J. (2006). Kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Erlangga.

Sedarmayanti. (2011). Tata kerja dan produktivitas kerja. Bandung:CV. Mandar Maju.

Singarimbun, B. & Effendi, S. (2011). Metode penelitian survey. Jakarta.

Sitompul., Gunawan, E. dkk. Teknik statistik untuk bisnis & ekonomi, (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Sustiyana. (2012). Analisis jurnal strategi pengembangan usaha agroindustri pupuk organik SAA. Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.