ANALISIS POSTUR KERJA OPERATOR WASHING DENGAN METODE NORDIC BODY MAP DAN REBA PADA PT. XYZ

Ilham Akbar, Devianita Emra, Dian Eko Adi Prasetio

Abstract


PT. XYZ adalah perusahaan di bidang otomotif dengan produk utama perakitan mesin mobil dan machining dari beberapa bagian mobil. Operator washing melakukan pekerjaan dengan postur kerja tidak ergonomis yang bisa menimbulkan keluhan fisik dari operator tersebut seperti tubuh yang terlalu membungkuk, pegal-pegal dan rasa sakit pada punggung, bahu, dan tangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis postur kerja operator dengan metode Nordic Body Map (NBM)dan REBA dan membuat rekomendasi perbaikan terhadap postur kerja tersebut.. Dari hasil nordic body map, sikap kerja secara manual, dan sikap memindahkan beban yaitu handling palet ke troli dengan posisi membungkuk merupakan sikap kerja yang menimbulkan rasa sakit dibeberapa bagian tubuh para pekerja, dimana punggung dan pinggang menjadi presentase tertinggi yaitu 100%, posisi kerja tidak baik juga cepat membuat kelelahan dan dapat menimbulkan cedera otot muscolosceletal. Hasil penilaian metode REBA, postur tubuh fase pertama yaitu proses mengangkat palet masih dalam batas normal karena ada di skor risiko 2 yang berarti tidak perlu dilakukan perbaikan, Postur tubuh fase kedua sangat berbahaya karena mendapatkan skor risiko 9 yang berarti harus dilakukan perbaikan sekarang juga. Rekomendasi perbaikan dengan membuat troli baru untuk meringankan beban operator saat meletakan palet ke troli

Kata Kunci : Postur, Kerja, Nordic, REBA


Keywords


Postur, Kerja, Nordic, REBA

Full Text:

PDF

References


Ginting, Rosnani. Perancangan Produk. Graha Ilmu, 2010.

Masitoh, D. (2016). Analisis postur tubuh dengan metode rula pada pekerja welding di area sub assy pt. fuji technica Indonesia Karawang.

McAtamney, L., & Hignett, S. (2004). Rapid entire body assessment. In Handbook of Human Factors and Ergonomics Methods (pp. 97-108). CRC press.

McMulkin, M. L., & Kroemer, K. H. (1994). Usability of a one-hand ternary chord keyboard. Applied Ergonomics, 25(3), 177-181.

Santoso, Gempur. "Ergonomi manusia, peralatan dan lingkungan." Jakarta: Prestasi Pustaka (2004).

Tarwaka, E. I. D. D. P. (2010). Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan.

Tarwaka, S., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi untuk keselamatan, kesehatan kerja dan produktivitas. Uniba, Surakarta, 34-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.