PREFERENSI CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM MAGISTER MELALUI PENGGUNAAN METODE ANALISA GAPS DAN QFD (STUDI KASUS DI PROGRAM MAGISTER FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS â€Yâ€)
Abstract
Abstrak
Dunia industri dan jasa manufaktur di Indonesia semakin meningkat. Perkembangan tersebut
menuntut adanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Tetapi para praktisi yang dimiliki
dalam dunia industri masih kurang mempunyai pengetahuan yang cukup. Dengan demikian
diperlukan suatu pendidikan pasca sarjana yang khusus untuk memperhatikan masalah keteknikan
industri. Studi Teknik Industri ditujukan bagi para sarjana Teknik, MIPA, Ekonomi, atau
komputer yang akan meningkatkan kemampuan dalam bidang Teknik Industri. Untuk menunjang
pembelajaran diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Penelitian ini dilakukan di Magister
FT – Universitas Y, dengan tujuan untuk mengidentifikasi harapan konsumen terhadap program
S2 TI FT Universitas Y, mengidentifikasikan persepsi konsumenterhadap program S2 TI FT
Universitas Y. Penelitian ini menggunakan metode analisa Gaps dan QFD. Dari penelitian ini
diketahui bahwa harapan konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y sangat besar
kenyataan yang diterima konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y lebih rendah
dibandingkan harapan konsumen, sehingga menyebabkan kesenjangan akibat perbedaan persepsi
mutu.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Pengembangan Produk, Analisa Gaps, QFD
Dunia industri dan jasa manufaktur di Indonesia semakin meningkat. Perkembangan tersebut
menuntut adanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Tetapi para praktisi yang dimiliki
dalam dunia industri masih kurang mempunyai pengetahuan yang cukup. Dengan demikian
diperlukan suatu pendidikan pasca sarjana yang khusus untuk memperhatikan masalah keteknikan
industri. Studi Teknik Industri ditujukan bagi para sarjana Teknik, MIPA, Ekonomi, atau
komputer yang akan meningkatkan kemampuan dalam bidang Teknik Industri. Untuk menunjang
pembelajaran diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Penelitian ini dilakukan di Magister
FT – Universitas Y, dengan tujuan untuk mengidentifikasi harapan konsumen terhadap program
S2 TI FT Universitas Y, mengidentifikasikan persepsi konsumenterhadap program S2 TI FT
Universitas Y. Penelitian ini menggunakan metode analisa Gaps dan QFD. Dari penelitian ini
diketahui bahwa harapan konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y sangat besar
kenyataan yang diterima konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y lebih rendah
dibandingkan harapan konsumen, sehingga menyebabkan kesenjangan akibat perbedaan persepsi
mutu.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Pengembangan Produk, Analisa Gaps, QFD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.