PENGURANGAN PRODUK REJECT PADA KEMASAN EXXON MOBIL OIL DELVAC MX MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DAN FMEA DI PT SBN

Riyan yan Fiqriyansyah

Abstract


PT. SBN adalah perusahaan terkemuka Indonesia yang fokus pada distribusi
pelumas industri Exxon Mobil. Berdasarkan analisis produk yang ada, Exxon
Mobil oil Delvac MX merupakan produkyang tingkat reject nya tertinggi jika
dibandingkan dengan seluruh produk lainnyayaitu sebesar 5% setiap bulannya.
Namun Analisis data menunjukkan bahwa komponen kemasan gores pada produk
Exxon Mobil oil Delvac MX memiliki tingkat reject yang signifikan sebesar 285
unit atau sekitar 46% dari total produk yang ditolak. Metode Seven Tools
digunakan untuk menganalisis kecacatan produk untuk mengetahui apakah
kecacatan produk masih dalam batas terkendali atau tidak dan mengidentifikasi
penyebab reject, sedangkan metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA)
digunakan untuk untuk melakukan upaya perbaikan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat reject kemasan pada produk Exxon Mobil oil Delvac
MX dari tertinggi hingga terendah secara berurutan adalah cacat gores, karat dan
tidak simetris. Selain itu diketahui bahwa jenis cacat gores dengan penyebab
Proses Penanganan kaleng yang tidak hati-hati selama proses produksi,
pengepakan, atau pengiriman dapat menyebabkan goresan menghasilkan skor
RPN tertinggi 196. Sehingga rekomendasi perbaikan menerapkan SOP dengan
menjelaskan langkah – langkah secara rinci untuk setiap tahap, mulai dari proses
produksi, pengepakan, dan pengiriman serta memastikan SOP tetap relevan,
efektif dan terus diperbarui sesuai dengan kebutuhan operasional.


Keywords


Reject Produk, Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Perbaikan Kualitas

References


Absa, A. S. M., & Suseno, S. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Eq

Spacing Dengan Metode Statistic Quality Control (SQC) Dan Failure Mode

And Effects Analysis (FMEA) Pada PT. Sinar Semesta. Jurnal Teknologi dan

Manajemen Industri Terapan, 1(3), 183–201.

https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.51

Alfadilah, H., Hadining, A. F., & Hamdani, H. (2022). Pengendalian Kualitas Produk

Cacat Piece Pivot pada PT. Trijaya Teknik Karawang Menggunakan Seven tool

dan Analisis Kaizen. Jurnal Serambi Engineering, 7(1), 2814–2822.

https://doi.org/10.32672/jse.v7i1.3667

Barus, K. (2021). Indonesia Terdapat 200 Produk Pelumas dari 22 Industri, Ini

Cerita Nebula di Tengah Kompetisi Bisnis Oli Industri yang Menantang.

industry.co.id. https://www.industry.co.id/read/80401/indonesia-terdapat-200-

produk-pelumas-dari-22-industri-ini-cerita-nebula-di-tengah-kompetisi-bisnisoli-industri-yang-menantang

Hariyanto. (2021). Hingga Mei 2021, Penjualan Motul Indonesia Meningkat Hingga

Persen. industry.co.id. https://www.industry.co.id/read/86633/hingga-mei-

-penjualan-motul-indonesia-meningkat-hingga-76-persen

Mobil. (2022). Mobil DelvacTM MX 15W-40 Oli Mesin Diesel Kinerja Ekstra Tinggi.

mobil.co.id. https://www.mobil.co.id/id-id/our-products/products/mobil-delvacmx-15w40

Prasetyo, M. D., & Cahyana, A. S. (2024). Pengendalian Kualitas Produk Tas Wanita

Menggunakan Metode Seven Tools dan Kaizen. Jurnal Optimalisasi, 10(1), 49.

https://doi.org/10.35308/jopt.v10i1.9041

Putri, N. T. (2022). Manajemen Kualitas Terpadu: Konsep, Alat dan Teknik,

Aplikasi. Indomedia Pustaka.

Rafiudin, Syafrudin, Nurmaesyarah, & Husniah, D. (2023). Analisis Strategi

Menciptakan Nilai, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk Utamart

Kec. Langgudu. Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 11–20.

Rasyid, R., Herdiani, E. T., & Sunusi, N. (2024). Peta Kendali p Berdasarkan Metode

Peningkatan Transformasi Akar Kuadrat. ESTIMASI: Journal of Statistics and

Its Application, 5(1), 27–36. https://doi.org/10.20956/ejsa.v5i1.18487

Safitri, W., & Fahreza, D. M. (2023). Jurnal Pelita Manajemen Analisis Product

Defect dengan Metode Seven Tools dan FMEA Jurnal Pelita Manajemen

Pendahuluan. Jurnal Pelita Manajemen, 02(01), 1–12.

Suhartini, Mochammad Basjir, & Arief Tri Hariyono. (2020). Pengendalian Kualitas

dengan Pendekatan Six Sigma dan New Seventools sebagai Upaya Perbaikan

Produk. Journal of Research and Technology, 6(2), 297–311.

https://doi.org/10.55732/jrt.v6i2.373


Refbacks

  • There are currently no refbacks.