Perbaikan Sistem Kerja Dan Aliran Material Pada Pt. M Motors and Manufacturing
Abstract
Sistem Kerja adalah salah satu hal yang seringkali harus dikaji ulang oleh pengamat dari luar sistem, yang memiliki pandangan lebih obyektif. PT.M Motors and Manufacturing adalah perusahaan penghasil mobil dengan target produksi yang tinggi. Hasil pengamatan menunjukan lini dua yang memiliki pekerja paling banyak karena besarnya engine yang dirakit (4D34)menjadikannya lini yang paling kritis. Sehingga keamanan, keefektifan, dan kenyamanan kerja sangat penting. Di lini ini ditemukan adanya sistem supply part dan peletakan serta perhitungan alat bantu daisha yang tidak efektif, sehingga dinamika pergerakan sistem kerja tidak teratur dan dapat menyebabkan keterlambatan produksi bahkan kecelakaan kerja akibat kesemrawutan sistem, kurangnya konsentrasi, dan kelalaian pekerja. Dengan perbaikan sistem kerja, seperti perubahan sistem supply part dan letak daisha dapat membantu mengurangi gerakan kerja operator yang tidak efektif, meningkatkan konsentrasi kerja,dan dapat dikurangi kelalaian. Hal itu terbukti dengan meningkatnya kapasitas produksi yang dihasilkan. Dan perbaikan sistem yang telah diimplementasikan tersebut, diakui mendukung program kegiatan perbaikan-perbaikan (kaizen) yang sedang digalakan di PT. M Motors and Manufacturing.
Kata kunci: perancangan sistem kerja, ergonomi, aliran material
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Anggoro. Rahman B. Skripsi “Evaluasi Pelayanan Pendidikan Dengan Model Kanoâ€. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008.
Baroto. T. “Perencanaan dan Pengendalian Produksi. 1st Editionâ€. Ghalia Indonesia. Jakarta. 2002.
Fitzsimmons. Mona J. Fitzsimmons. “Service Management Operation. Strategy. Information Technologyâ€. 5th edition McGrawHill. New York. 2006.
Gunawan. Edi. Skripsi “Peningkatan Kualitas Layanan Paket Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Function Deploymentâ€. Surabaya : Universitas Kristen Petra. 2006.
Hari. P. “Perencanaan & Perancangan Fasilitasâ€. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2004.
Irianty. Skripsi “Pemetaan Preferensi Pelanggan Supermarket di Surabaya dan Sekitarnya dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqualâ€. Surabaya : Universitas Kristen Petra. 2004.
Sutalaksana. I. Z. “Teknik Perancangan Sistem Kerja. 2nd Editionâ€. ITB Bandung. Bandung. 2006.
Sutalaksana. I. Z. “Teknik Tata Cara kerja. 1st Editionâ€. ITB Bandung. Bandung. 2006.
Tjiptono. Fandy, “Service Management: Mewujudkan Layanan Primaâ€. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 2008.
United Can. “Laporan Produksi dan Data Sortirâ€. . United Can Company. Jakarta. 2010
United Can. “Materi Trainingâ€. Jakarta. United Can Company. Jakarta. 2000
Widiawan. Kriswanto. “Pemetaan Preferensi Konsumen Supermarket Dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqualâ€. Jurnal Dosen Fakultas Teknologi Industri. Universitas Petra. Surabaya. 2004.
Wignjosoebroto. S. “Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. 3th Editionâ€. Guna Widya. Surabaya. 2003.
Wignjosoebroto. S. “Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. 3th Editionâ€. Guna Widya. Surabaya. 2003.
W. Sritomo. “Pengantar Teknik & Managemen Industriâ€. Edisi Pertama. Surabaya. Guna Widya. Surabaya. 2003
Refbacks
- There are currently no refbacks.