Rancangan Perangkat Water For Fuel Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar Minyak Kendaraan Bermotor

M. Derajat A, Panji Sudrajat

Abstract


Abstrak

Semakin menipisnya cadangan minyak bumi dunia termasuk di Indonesia mengakibatkan semakin tingginya harga BBM (bahan bakar minyak). Sebagai sumber energi utama alat transportasi, maka diperlukan berbagai upaya untuk mendapatkan solusi peningkatan efisiensi konsumsi BBM pada moda transportasi tersebut. Dengan menggunakan diagram fishbone didapat faktor-faktor penyebab konsumsi BBM kendaraan kurang efisien, yaitu kondisi settingmachineskendaraan, material bahan bakar ataupun material komponen kendaraan yang kurang sesuai, tata cara/ perilaku berkendara di jalan, cara-cara pengemudi/ pengendara mengoperasikan kendaraan, dan kondisi lalu lintas. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar kepada 50 responden pengguna roda dua, diperoleh bahwa 70% responden mengatakan bahwa faktor mesinlah yang paling berpengaruh terhadap upaya peningkatan efisiensi konsumsi BBM. Dari hasil kuesioner tersebut maka solusi yang akan digunakan dibatasi seputar faktor mesin. Denganmempertimbangkan beberapa alternatif, dipilihlah perancangan/ pembuatan alat Water For Fuel(WFF). WFF merupakan alat yang berfungsi untuk mengelektrolisa air yang nantinya akan mengubah unsur air(H2O) menjadi gas HHO (Brown Gas), gas inilah yang nantinya dimasukan kedalam ruang pembakaran kendaraan. Melalui pengujian yang dilakukan pada rancangan alat diperoleh hasil bahwa WWF dapat meningkatkan efisiensi pengkonsumsian BBM sebesar 11,35%. Rata – rata konsumsi BBM tanpa menggunakan WWF 1literuntuk 37,62 km, dan setelah menggunakannya rata-rata menjadi 41,89 km.

Kata kunci: Efisiensi BBM kendaraan, Water For Fuel(WWF), Brown Gas.


References


Daftar Pustaka

Arismunandar, Wiranto. Penggerak mula motor bakar torak, Ganesha ITB, Bandung. 1998

Erlih.Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap produk CV. SINAR REJEKI Dengan Menggunakan Metode QFD. Fakultas Teknik Industri Universitas Esa Unggul, Jakarta. 2008

Hardi Purba. “Diagram Fishbone dari Ishikawa â€. DalamError! Hyperlink reference not valid.. 2008

Kume, Hitoshi. Metoda Statistik untuk Peningkatan Mutu. PT. Melton Putra, Jakarta. 1989

Kurnia Atmaja, Ade. Aplikasi Quality Function Deployment Untuk Pengembangan Kualitas Cat Furniture. Fakultas Teknik Industri Universitas Esa Unggul, Jakarta. 2010

Montgomery, Douglas C. Introduction to Statistical Quality Control. Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc.USA. 2011

Oom Gondlong. “ Uji Oktan Booster. Lebih Irit, Lebih Ngacir â€. Dalam http://isiotak-kanan.blogspot.com/2012/05/uji-oktan-booster-lebih-irit-lebih.html. 2012

Redaksi chem.-istry.org. “ Mengapa Stainless Steel Tidak Berkarat ? “. Dalam http://www.chem-is-try.org/tanyapakar/mengapa_stainless_steel_ tidak_berkarat/. 2005

Syubhan Akib.“Bensin Mahal, Octane Booster Solusinya? â€.2011

Taufik. “ Yamaha Tidak Merekomendasikan Penggunaan Octane Booster Pada Yamaha Vixion â€. Dalam http://tmcblog.com/2011/07/22/yamaha-tidak-merekomendasikan-penggunaan-octane-booster-pada-yamaha-vixion/. 2011

Turner, Wayne C., Joe H. Mize, dan Kenneth E. Case. Introduction to Industrial and Systems Engineering. Second Edition.Prentice-Hall International, Inc. USA. 1987

Ulrich, Karl T. & Steven D. Eppinger. Perancangan & Pengembangan Produk. Salemba Teknika, Jakarta. 2001

Wikipedia Indonesia.“Katalisâ€. Dalam http://id.wikipedia.org/w/index .php?title=Katalis&oldid=4352203. 2011

Wikipedia Indonesia.“Baja Tahan Karat “. 2012

Yud. “Mengupgrade Sistem Pengapian â€.2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.