PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PRAMUGARI MASKAPAI PENERBANGAN “Xâ€
Sari
Abstract
As a front liner ofan Airlines, the Flight Attendants are required to maintain their performance. Demands of the profession coupled with the desire to be an elegant appearance are driving the Flight Attendants to aconsumptivebehavior. One of the factors that purchase influence tothe flight attandant’s consumptive behavior is the hedonic lifestyle. This research was conducted to determine whether there is a positive influenceof the hedonic lifestyle to the consumptive behavior on the "X" airlines Flight Attandants. This research is a quantitative study involved 39 of The “X†Airlines Flight Attandants. Sample was taken by census method and processed with linear regression. The instrument used are the hedonic lifestyle and consumtive behavior scale with reliability coefficient (α)0.884 for the hedonic lifestyle with 41 valid items and reliability coeficient (α) 0.928 for the consumptive behavior with 27 valid items.Analyse outcome of linear regression shows the (p) value = 0,00 (P<0,05) which means there is a positive significant influence of the hedonic lifestyle tothe consumptive behavioron The “Xâ€Â airlines Flight Attendants.
Â
Keywords : flight attendant, hedonic lifestyle, consumtive behavior
Â
Abstrak
Pramugari adalah front linner dari perusahaan penerbangan yang dituntut untuk senantiasa menjaga penampilan. Tuntutan profesi tersebut ditambah dengan keinginan untuk tampil menarik mengarahkan pramugari berperilaku konsumtif. Penelitian ini melihat pengaruh positif gaya hidup terhadap gaya hidup hedonis pada Pramugari Maskapai Penerbangan “Xâ€. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, dengan melibatkan 39 orang pramugari Maskapai Penerbangan “X. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner gaya hidup hedonis dan perilaku konsumtif. Masing-Masing kuesioner memiliki tingkat reliabilitas (α) 0,884 untuk gaya hidup hedonis dengan 41 item valid dan (α) 0,928 untuk perilaku konsumtif dengan 27 item valid. Berdasarkan hasil analisis regresi linier didapatkan nilai signifikansi (p)=0,00 (p<0,05), artinya ada pengaruh positif signifikan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada Pramugari Maskapai Penerbangan “Xâ€. Semakin tinggi gaya hidup hedonis pada Pramugari Maskapai Penerbangan “Xâ€, maka semakin tinggi perilaku konsumtifnya.
Â
Kata kunci : pramugari, perilaku konsumtif, gaya hidup hedonisTeks Lengkap:
PDFReferensi
Anggasari, Rina E. Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Konsumtif.Jurnal Psiko-logika No. 4, 1997
Anggraini, Elvira. Pengalaman Komunikasi Kon-sumen Wanita Dengan Gaya Hidup Brand Minded. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro. 2012
Astuti, Endang Dwi. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda.eJournal Psikologi. Vol. I. No. II, hal : 148-156. 2013
Azwar, Saifuddin. Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2012
Azwar, Saifuddin. (2004). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2012). Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Garis Kemiskinan, In-deks Kedalaman Kemiskinan (P1), dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) Me-nurut Provinsi, September 2012. Diakses 10 desember 2013, dari www.bps.go.id
Badudu, J.S. dan Zain, Muhammad.(2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Chaney & Bitta, 2000, Perilaku Konsumen, Alih Bahasa Budiyanto. 1994. Jakarta: Binarupa Aksara.
Chatijah, Siti dan Purwadi, (2007). “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Sikap Kon-sumtif Remaja, Jurnal Humanitasâ€. Vol. 4 No. 2 hal. 110-123
Engel, J. F. Balckwel, R. D. & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen Edisi kee-nam Jilid II. Alih Bahasa: F. X. Budiyanto, Jakarta: Bina Seni Rupa Aksara
Hempel, L., 1996. Environmental Governance : The Global Challenge. Washington D. C : Islan Press
Hurlock. E.B. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarno. Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehi-dupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Irmawati dan Waskito, Jati. (2012). Green Lifestyle Warga kota Solo. Benefit jurnal mana-jemen dan bisnis Vol. 16, No.1, Hal.45-57
Iswannaji, Chaidir .(2003). “Menghadapi Sistem Globalisasiâ€. Jurnal Penelitian Inovasi hal. 60-64
Kanisius.(2011). Kecil Bahagia, Muda Foya-Foya, Tua Kaya-Raya, Mati Maunya Masuk Surga. Yogyakarta : Kanisius (Anggota IKAPI).
Kasali, Rhenald. (1998). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2000). Managemen Pemasaran. Edisi Milenium. Alih bahasa: Damos Sihombing, Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, P & Amstrong, G.(1997). Principlis Of Marketing. Edisi 3. Alih Bahasa: Sindoro dan Molan. Jakarta: Prenhalindo
Kuntarto, Niknik M. (2011). Cermat Dalam Berbahasa Teliti Dalam Berpikir. Edisi Kedua. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Kushendrawati, Margareta Selu. (2006). Masyarakat Konsumen Sebagai Ciptaan Kapitalisme Global : Fenomena Budaya Dalam Realitas Sosial . Jurnal Makara Sosial Humaniora Vol. X No. II, hal. 49-57
Levant`s dan Linda. (2003). What Is Metroseksual Eaurosel.New Delhi. Journal of International.
Lee, H. J., Lim, H., Jolly, L. D., & Lee, J. (2009).Consumer Lifestyles and Adoption of High-Technology Products: a Case of South Korea. Journal of International Consumer Marketing, XXI, Hal.153-167.
Lina dan Rosyid, H.F. (1997).Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control pada Remaja Putri. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. No.IV Tahun XI, Hal. 5-13.
Masmuadi dan Rachmawati. (2007). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Gaya Hidup hedonis pada Remaja. Skripsi. Yokyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.
Martha. Hartati, S., dan Setyawan, M. (2008). Correlation Among Self-Esteem With A Tendency Hedonist Lifestyle Of Students At Diponegoro University. Journal of Psychology.
Naomi, Prima. dan Mayasari, Iin. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMA Dalam Perilaku Pembelian Kompulsif : Perspektif Psikologi. Portal Jurnal UPI Tahun VII Ino. VIII oktober 2008
Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Purwaningwulan, M Maulin. (2013). Sihir Iklan dalam Menstimulasi Perilaku Konsumtif Anak-Anak. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Vol. III No. 1 Hal. 63-70
Santrock, John W. (2011). Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup.Edisi ketigabelas. New york. The McGraw-Hill
Sarwono, Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Simanjuntak, Evie R. (2010). Pengaruh gaya hidup terhadap Adopsi Produk Berteknologi Tinggi. Journal of business and Execution Vol.2 No.2 hal 179-192
Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sumartono.(2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan. Televisi.Bandung : Alfabeta.
Susanto, Angga S. (2013). Membuat Segmentasi berdasarkan Life Style. Jurnal Jibeka Vol. VII. No. II hal. 1-6
Susianto.(1993). Studi Gaya Hidup sebagai Upaya Mengenali Kebutuhan Anak Mudaâ€.Jurnal Psikologi dan Masyarakat.Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suyasa, P ,Tommy Y.S & Fransisca. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran.Jurnal 3Phorenesis.Vol.VII. No.II. Hal.172-198.
Tambunan, R. (2001). Remaja dan Perilaku Konsumtif.On-line http://www.e-psikologi.com/remaja/191101.htm.diakses: 10 desember 2013
Triyaningsih, SL. 2011.Dampak Online Marketing melalui Facebook terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat.Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. III, No. II, Hal : 172-177
Utami, Herlin Putri. (2008). Perilaku Konsumtif pada Sales Promotion Girl (SPG) ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis. Semarang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Katolik soegijapranata.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.