HUBUNGAN ANTARA ADVERSITI DAN INTELIGENSI DENGAN KREATIVITAS
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan adversiti dan inteligensi dengan kreativitas. Subyek penelitian adalah siswa-siswi di Sekolah Menengah Umum Tujuh Belas Agustus 1945 sebanyak 142 orang siswa yang diambil melalui teknik random sampling.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada korelasi antara adversiti dan inteligensi dengan kreativitas, koefisien korelasi sebesar R = 0.264 dan harga F = 5.191, db = 2 ; 139 dengan p = 0.003 ( < 0.010 ). Hasil analisis dengan menggunakan korelasi parsial diperoleh nilai r = 0.141 dan p = 0.045 yang berarti ada korelasi yang signifikan antara adversiti dengan kreativitas dengan mengendalikan inteligensi. Korelasi antara inteligensi dengan kreativitas diperoleh nilai r = 0.225 dan p = 0.003, yang berarti ada korelasi antara inteligensi dengan kreativitas.
 Kata Kunci : adversiti, inteligensi, kreativitasTeks Lengkap:
PDFReferensi
Anastasi, A., dan Urbina, S. “Psychological Testing 7eâ€, Terjemahan Prenhallindo, Jakarta. 1998.
Azwar, S, “Pengantar Psikologi Inteligensiâ€. Pustaka Pelajar, Yogyakarta,1996.
________,“Reliabilitas dan Validitasâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1992
________,“Penyusunan Skala Psikologiâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999
Campbell, D, “Mengembangkan Kreativitasâ€. Kanisius, Jakarta, 1986.
Csikszentmihalyi, M. “Creativity : Flow and The Psychology of Discovery and Inventionâ€. Harper Collins Publishers, New York, 1996
Diana, R. “Hubungan antara Religius dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Umumâ€, Jurnal Psikologika UII. Nomor 7 Tahun III, 5-25, 1999.
Depdikbud. “Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€, edisi kedua, Balai Pustaka, Jakarta, 1995.
Freeman, S.F. “Psychological Testingâ€, Oxford and Ibit Publishing Co, New Delhi, 1965
Glover, J. dan Burning, R.H, “Educational Psychology : Principles and application 3rd editionâ€. Harper Collins Publishers, New York. 1990.
Hadi, S. “Metodologi Research, jilid 3â€. Andi Offset, Yogyakarta.1991
________,“Seri Program Statistikâ€. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2000
Hari, K.L.“Tinjauan Singkat Adversity Quotientâ€. Indonesian Psychological Journal, Anima, No. 1, Vol. 17, 63 – 68. 2001
Hurlock, E. “Perkembangan Anakâ€, jilid II, Erlangga, Jakarta. 1997
Monks, F.J., dkk. “Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam berbagai bagiannyaâ€, Gajah Mada Unversity Press, Yogyakarta. 1989
Munandar, S.C.U. “Kreativitas dan Keberbakatan : Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakatâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 1999
________, “Pengembangan Kreativitas Anak-anak Berbakatâ€, Rineka Cipta, Jakarta. 1999
Prakosa, H. “Analisis Matriks Multitrait-Multimethod†Validitas Konstrak Tes Kreativitas Verbal. Jurnal Psikologi UGM, Nomor I Tahun XXI, 1 – 8, 1995
Sia Tjundjing, Skala c.o.r.e. : “Pengukur Kreativitas yang Benar-Benar Kreatif (Komentar terhadap Skala C.O.R.E. sebagai Alternatif Mengukur Kreativitas : Suatu Pendekatan Kepribadian)â€. Indonesian Psychological Journal, Anima, No.1, Vol.18, 57 – 70.
Soeparman. “Hubungan Kemandirian dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Umum. Jurnal Filsafat, Teori dan Praktek Kependidikanâ€. FIP Universitas Negeri Malang, No. 1, Th.27, 92– 97. 2000
Sternberg, R.J., and Lubart, T.I. “Defying The Crowd : Cultivating Creativity in culture of Conformityâ€, Simon & Schuster, New York. 1995
Stoltz, P.D. “Adversity Quotient: Turning obstacles into Opportunitiesâ€. Terjemahan , Grasindo., Jakarta. 2000
Suharnan, “Skala C.O.R.E. sebagai Alternatif Mengukur Kreativitas: Suatu Pendekatan Kepribadianâ€. Indonesian Psychological Journal, Anima, No. 1, Vol. 18, 36 – 56. 2002
Suryabrata, S. “Metodologi Penelitianâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta. 1998
Suryabrata, S. “Pengembangan Alat Ukur Psikologisâ€, Andi, Yogyakarta. 2000
Tjundjing, S. “Hubungan Antara IQ, EQ, dan AQ dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Indonesian Psychological Journal, Anima, No.1, Vol.17, 69 – 92. 1999
Weiten, W. “Psychology : Themes and Variations, Second Editionâ€, Brooks/Cole Publishing Company, New York. 1992
West, M. “Mengembangkan Kreativitas dalam Organisasiâ€. Kanisius, Jakarta. 2000
Yoenanto, N.H. “Hubungan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika Dengan Tingkat Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Umumâ€. Jurnal Psikologi Unair Insan, No.2, Vol.4, 63-72. 2002
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.