HUBUNGAN ANTARA NEUROTICSM (BIG FIVE PERSONALITY) DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA ESA UNGGUL
Sari
Abstract
Students are required to prioritize college affairs. But in fact there are some students who come to college with the appearance of glamor, dressed up or dressed redundant, and tend to behave consumptive. One of the factors that can influence consumer behavior is prone to emotional personality, with a tendency neuroticsm personality type. The purpose of this study was to determine the corelations between neuroticsm with consumer behavior. The reliability coefficient (α) 0943 to the variable neuroticsm and (α) 0946 for consumer behavior. Based on statistical test results, obtained sig.0.000 value (p <0.05) with correlation (r) of 0520, meaning that there is a positive relationship between neuroticsm with consumer behavior in students Esa Unggul. Neuroticsm influence to behave consumption by 27% (r2 = 0520 = 27%)
Â
Keywords: neuroticsm, big five personality, consumer behavior, students of esa unggul university
Â
Abstrak
Mahasiswa dituntut untuk lebih mengutamakan urusan kuliah. Namun pada kenyataannya ada beberapa mahasiswa yang datang kuliah dengan penampilan yang glamour, berdandan atau berpenampilan berlebihan, dan cenderung berperilaku konsumtif. Salah faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif adalah kepribadian yang rentan terhadap emosi, dengan kecenderungan tipe kepribadian neuroticsm. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara neuroticsm dengan perilaku konsumtif. Koefisien reliabilitas (α) 0.943 untuk variabel neuroticsm dan (α) 0.946 untuk perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai sig.0.000 (p<0.05) dengan korelasi (r) sebesar 0.520, artinya terdapat hubungan positif antara neuroticsm dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Esa Unggul. Neuroticsm berpengaruh untuk berperilaku konsumtif sebesar 27% (r2= 0.520 = 27%)
Â
Kata kunci : neuroticsm, big five personality, perilaku konsumtif, mahasiswa esa unggul
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Adelia, Cindy Inge & Eliana, Rika. (2012). Peran dimensi kepribadian big five terhadap penyesuaian psikologis pada mahasiswa Indonesia yang studi keluar negeri. Psikologia-online. Vol.7,No.2, hal 74-80. Diterbitkan: Universitas Sumatera Utara
Agustia, R. S. (2012). Gambaran Perilaku Konsumtif Siswa-I Sekolah Menengah Atas “International Islamic Boarding School Republic Of Indonesiaâ€Jakarta: Skripsi Psikologi – Fakultas Humaniora BINUS.
Anggreini, Ririn. (2014). Hubungan antara control diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi universitas esaunggul. Skripsi. Diterbitkan :Fakultas Psikologi Universitas EsaUnggul
Astuti, Endang Dwi. (2013). Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga do Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi ISSN. Volume. 1, No. 2. Samarinda: Universitas Mulawarman
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua. Jogjakarta : Pustaka Pelajar
Pervin & Cervone. (2012). Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
Farikha, Rikha. (2011). Hubungan tipe kepribadian big five & kecerdasan emosi terhadap perilaku prososial satuan polisi pamong praja kota Tangerang. Skripsi. Diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Fitriyani, Nur. Presetyo Budi Widodo, & Nailul Fauziah. (2013). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip. Volume.12 No.1. Diterbitkan : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
Gumulya, J. (2013). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Skripsi. Diterbitkan : Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul Jakarta
Hanzaee. K. H & Ali Gohary. (2014) . “Personality Traits as Predictors of Shopping Motivations and Behaviors: A Canonical Correlation Analysisâ€. Vol. 9, hal 166–174
Maulana, Ridwan. (2013). Http://sosbud.kompasiana.com/2013/10/18/remaja-dan-prilaku-konsumtif-599965.html.
Ingarianti, Tri Muji. Hubungan antara kepribadian (the big five factor personality) denganOrganizational Citizenship Behavior pada Karyawan. Diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
Maisaroh, Is. (2009). Hubungan antara tipe kepribadian dengan perilaku konsumtif pada remaja di Ma Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Skripsi. Diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
Putri, Anggun Mego. (2013). Kematengan emosi dengan perilaku konsumtif pada pria metroseksual. Jurnal Online Psikologi. Vol.1, No.02
Rosandi, A.F. (2004). Perbedaan Perilaku Konsumtif Antara Mahasiswa Pria dan Wanita di Universitas Katolik Atma Jaya. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya.
Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi: Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS). Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Shaifa, Demira & Supriyadi. (2013). Hubungan dimensi kepribadian the big five personality dengan penyesuaian diri mahasiswa asing di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.1, No.1, hal 72-83. Diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Udayana
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Cetakan 17.Bandung : Alfabeta
Wardana, Dwiyadi Surya. (2011). Pengaruh kepribadian konsumen pada pilihan merek sebagai konsep diri pada kategori produk. Vol.13, No.1, hal 21-35
Widiyanto, M. A. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Fakultas Psikologi. Jakarta: Universitas Indonusa Esa Unggul. Modul atau Diklat
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.