HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA MATA KULIAH TOEFL 2 (STUDI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014 REGULER AKTIF DI SEMESTER GANJIL 2015/2016 UNIVERSITAS ESA UNGGUL)

Rosa Almira Elisse Samantha, Yuli Asmi Rozali

Sari


Abstract

The low achievement in TOEFL 2 subject can obstruct student learning process. The low ach  ievement was affected by self-efficaccy. The Purpose of this research is to determine correlation between self efficacy and achievement TOEFL 2 subject  in Esa Unggul University students. The research used quantitative non-experimental correlational method with proportionate stratified random sampling, consisted of 100 active students of 2014 in academic year 2015/2016.Reliability coefficient of self efficacy scale (α) = 0,902 with 34 valid items. Based on the statistics pearson product moment yielded sig = 0,000 ( p <0.05), correlation value (r)= 0.347. It means, there is positive correlation between self efficacy and Achievement TOEFL 2 subject on participants of TOEFL 2 class in Esa Unggul University. There were 51 students (51%) who have high self-efficacy and 49 students (49%) who have low self-efficacy. There is no correlation between learning achievements and gender and english course experience.

 

Keyword: self efficacy , TOEFL 2 achievement , university students

 

 

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar TOEFL 2 mahasiswa UEU menghambat proses belajar. Rendahnya prestasi belajar TOEFL 2 salah satunya dipengaruhi oleh self efficacy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan self Efficacy dengan prestasi belajar pada peserta mata kuliah TOEFL 2 di Universitas Esa Unggul. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional non-eksperimental dengan proportionate stratified random sampling, berjumlah 100 mahasiswa angakatan 2014 yang aktif di semester ganjil 2015/2016. Koefisiensi reliabilitas  alat ukur self efficacy (α) = 0,902 dengan 34 item valid. Berdasarkan uji statistik diketahui ada hubungan positif antara self efficacy dengan prestasi belajar pada peserta mata kuliah TOEFL 2 di Universitas Esa Unggul (p= 0,000, p<0,05), dan r= 0.347. Mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi, berjumlah 51 mahasiswa (51%), dan rendah berjumlah 49 mahasiswa (49%). Dan tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan jenis kelamin dan pengalaman kursus bahasa inggris.

Kata Kunci : self efficacy, prestasi belajar TOEFL 2, mahasiswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

A. Mahasiswa Angkatan 2014. (2015, September 21). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

A, A. Mahasiswa Angkatan 2014. (2015, Oktober 13). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Anggraini, R. (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif di Universitas Esa Unggul. Skripsi Psikologi Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua.

Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Bandura, A. (1997). Self efficacy The exercise of Control. America : W.H Freeman and Company, America

Baron & Bryne. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga, Jakarta.

Benny. (2001). Hubungan antara Self Efficacy dan Orientasi Tujuan dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Skripsi Psikologi. Universitas Indonesia. Depok.

Black, J. (1991). Performance in English Skills Courses and Overall Academic Achievement. Jurnal TESL 9, (1):1-15.

Bong, M. (2001). Academic Motivation in Self Efficacy, Task Value, Achievement Goal Orientation, and Attributional Beliefs. Jurnal Psikologi 97, (6):288-296

Carlos, M, Zamralita & Nisfiannor M. (2006). Hubungan antara Self Efficacy dan Prestasi Kerja Karyawan Marketing. Jurnal Psikologi 1, (1):10-19

Chaplin, J.P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Dewi, A. (2015). Hubungan Komitmen Organisasional dengan Disiplin Kerja pada Pegawai Universitas Esa Unggul. Skripsi Psikologi Jakarta : Universitas Esa Unggul.

F. Mahasiswa Angkatan 2014. (2015, September 21). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

F, I. Mahasiswa Angkatan 2014. (2015, November 13). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Handayani, F.,dan Nurwidawati D. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Jurnal Psikologi 1, (2):1-5.

L, S. Koordinator Pengelola Mata Kuliah TOEFL dan Business English UEU (2015, Oktober 12). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Mahyuddin, R. Elias, H., dan Cheong L. (2006). The Relationship Between Students Self Efficacy and Their English Language Achievement. Jurnal Psikologi 1, (21):61-71.

NN. (2015). TOEFL: Paper-delivered Test: Paper-delivered Test. (n.d.) Diakses pada tanggal 9 Januari 2016 dari http://www.ets.org/toefl/pbt/

Noor, J. (2012). Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana, Jakarta.

Pengelola Mata Kuliah Umum Universitas Esa Unggul. (2015). Hasil Data TOEFL 1 dan 2 Mahasiswa Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Riani, W. S (2014). Hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan Presentasi pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Skripsi Psikologi. Universitas Esa Unggul , Jakarta.

Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2. Salemba Humanika, Jakarta.

Sarwono, S. (2012). Psikologi Remaja. Rajawali Pers, Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Sukmawati, M. (2009). Rancangan Bangun Simulasi Aplikasi TOEFL Berbasis Android. Jurnal Teknik Infomatika. STMIK GI MDP, Jakarta.

T. Mahasiswa Angkatan 2014. (2015, September 6). Interviewer oleh Almira. Peneliti. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Universitas Esa Unggul. (2005). Kerja Sama Universitas Esa Unggul dengan ELI GMU. http://www.esaunggul.ac.id. Diakses pada Hari Jum’at, 11 September 2015 Pukul 20.00

Universitas Esa Unggul. (2012). Visi dan Misi. http://www.esaunggul.ac.id. Diakses pada Hari Jum’at, 4 September 2015 Pukul 19.20

Warsito, H. (2009). Hubungan antara Self Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Study pada mahasiwa FIP Universitas Negeri Surabaya). Jurnal 9, (1):29-47.

Winkel, W.S. (2014). Psikologi Pengajaran. Sketsa, Yogyakarta.

Wright, W.S., dan Goridus, S. (2011). Soal-Soal Toefl Super Lengkap. Kalarana Press, Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.