HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Rayi Gianariza, safitri safitri

Sari


Abstrak

Komunikasi efektif memiliki peranan penting pada saat bimbingan skripsi, karena komunikasi yang berjalan efektif menentukan lancar atau tidaknya proses bimbingan skripsi. Akan tetapi pada saat bimbingan skripsi mahasiswa kesulitan dalam mengungkapkan ide, pendapat atau gagasannya kepada dosen pembimbing skripsi karena adanya kecemasan yang berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan komunikasi efektif pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Penelitian bersifat kuantitatif non eksperimental. Sampel berjumlah 127 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil nilai sig 0.000 (p<0.05) dengan korelasi sebesar -0.311, artinya terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecemasan dengan komunikasi efektif pada Mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi.

Kata kunci: komunikasi efektif, kecemasan, mahasiswa, skripsi

 

Abstract

Communication effectively has an important role in the guidance paper, because communication is effective to determine well or not the guidance paper, but at the time the guidance of a thesis student any difficulty in expressing ideas, opinions or ideas to lecturers thesis because of the anxiety is excessive. The purpose of this research is to know the correlation between anxiety in communication effective in student UEU who are putting together a thesis. Research is quantitative consideration for the experimental sample of 127 of the respondents. The sampling is non-probability sampling with this type of purposive sampling. The value of a sig 0.000 (p<0.05) with the correlation of - 0.311, it's a negative association and significant between anxiety in communication effective in Mahasiswa UEU.

Keyword : communication, anxiety, college student, the guidance paper

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Agustina, Setyastari. (2009). Hubungan antara Kecemasan dengan Komunikasi pada mahasiswa berprestasi. Skripsi Fakultas Psikologi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Ayu, Astried. (2004). Gambaran Komunikasi Interpersonal Konsultan Divisi Marketing Sales (FITNESS CENTER X) Di Jakarta. Skripsi Fakultas Psikologi. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Azwar, Syaifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coleman, J.C. (2003). Contemporary Psychology and Effective Behavior, GlennView: Scott, Foresman, and Co.

Dimitria M, Ernest. (2009). Gambaran Komunikasi Interpersonal Pegawai Modern Retail WIMODE (PT Bakrie Telecom). Skripsi Fakultas Psikologi. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Effendy. O.U. (2011). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Holilah, Siti. (2011). Hubungan Self Efficacy Dengan Kecemasan Siswa Kelas XII SMA Negeri X Jakarta-Barat Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Skripsi Fakultas Psikologi. Jakarta : Universitas Esa Unggul.

Kinansih, A.K. (2011). Skripsi Kelar Dalam 30 Hari. Klaten: Galmas Publisher.

Mukhtamar. (2009). Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muslimin, Choirul. (2013). faktor-faktor penghambat komunikasi efektif pada mahasiswa fakultas dakwah INISNU Jepara. Jurnal Komunikasi. Vol.III, No.3.

Rakhmat, Jallaludin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, S. (2012). Pedoman Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Riani, Winda Septa. (2013). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Skripsi Fakultas Psikologi. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara DiDepan Umum Terhadap Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2011. Jurnal Ilimiah Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Padang : Universitas Negeri Padang.

Sakinah, Siti. Y. (2013). Hubungan Antara Kemandirian Belajar (Self Directed Learning)Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Skripsi Fakultas Psikologi. Jakarta : Universitas Esa Unggul.

Santrock, John W. (2002). Life Span Development perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, W. Sarlito. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono, Dendy. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Cetakan 17. Bandung: Alfabeta.

Sukamta, Syilvanie dan Wirawan, Henny E. (2012). Kecemasan dan Upaya Penganggulangan Kecemasan Perempuan Dewasa Awal yang memiliki ibu penderita Kanker Serviks Stadiun Lanjut. Penelitian Terapan. http://www.slideshare.net/deeckpz/09-kecemasanperempuandewasaawalyangmemilikiibupenderitakankerserviksstadiumlanjutsyilvaniesukamtahennyewirawan. diunduh pada 10 Nopember 2014.

Vera, Nawiroh. (2013). Quality of Interpersonal Communication in the Digital Era. International Journal of Social Science and Humanity. Vol. 3, No. 6.

Situs internet

http://denywicak.student.unej.ac.id/?p=5. 2015. Diunduh 24 Maret 2015.

http://edukasi.kompasiana.com/2013/06/01/dosen-pembimbing-skripsi-564991.html . Diunduh 10 agustus 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.