HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Darabila Suciani, Yuli Asmi Rozali, Safitri Safitri

Sari


Mahasiswa memiliki peran sebagai seorang pembelajar dan berinteraksi dengan mahasiswa lainnya. Dukungan sosial yang positif yang dimiliki oleh mahasiswa dapat membantu mahasiswa di dalam menghadapi tuntutan belajarnya dan dapat menjadi pembangkit motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini akan melihat hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar, gambaran motivasi belajar dengan sumber dukungan sosial yang mempengaruhi. Penelitian ini bersifat kuantitatif noneksperimental.Sampel penelitian berjumlah 130 mahasiswa Universitas Esa Unggul. Menggunakan Teknik sample random sampling, dengan alat ukur dukungan sosial (36 valid) dan motivasi belajar (45 valid) dalam bentuk skala likert. Koefisien reliabilitas (α) 0,924 untuk variabel dukungan sosial dan 0,936 untuk motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,694 dengan sig 0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif dan signifikan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah lebih banyak dibanding mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi.Dari crosstab gambaran motivasi belajar bedasarkan sumber dukungan sosial yang memiliki pengaruh signifikan adalah dosen. Kata kunci : mahasiswa, dukungan sosial, motivasi belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adicondro, N. & Purnamasari. A, “Efikasi Diri,

Dukungan Sosial Keluarga Dan Self

Regulated Learning pada Siswa Kelas

VII.Jurnal Humanitasâ€, Universitas Ahmad

Dahlan, Yogyakarta, 2011

Agoes, D, “Pengetahuan Tentang Penelitian Dan

Motivasi Belajar Pada Mahasiswaâ€, Jurnal

Psikologi, Universitas Esa Unggul, Jakarta,

Agustina, L & Hamdu, G, “Pengaruh Motivasi

Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar

IPA di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Penelitian

Pendidikan. Universitas Pendidikan

Indonesia, 2011

Anasia, M,.N, “Hubungan Antara Dukungan Sosial

Dan Self Efficacy Pada Mahasiswa

Universitas Esa Unggul yang Sedang

Menyusun Skripsiâ€, Fakultas Psikologi

Universitas Esa Unggul. Jakarta, 2011

Azwar, S, “Penyusunan Skala Psikologiâ€, Pustaka

Pelajar, Yogyakarta, 2012

Dhitaningrum & Izzati, “Hubungan antara Persepsi

Mengenai Dukungan Sosial Orang Tua

Dengan Motivasi Belajar Siswaâ€, Jurnal

Psikologi, Universitas Negeri Surabaya,

Surabaya, 2013

Frans, D. V, “Pengertian Motivasi Belajarâ€,

Diunduh dari www.eprints.uny.ac.id, 2014

Hariyadi, M, “Statistik Pendidikanâ€, Prestasi

Pustakarya, Jakarta, 2009

Laksono, L, “Hubungan antara Locus Of Controldan

Perilaku Menolong (Altruis) Mahasiswa

Universitas Esa Unggulâ€, Skripsi Fakultas

Psikologi, Universitas Esa Unggul, Jakarta,

Nisfiannoor, M, “Pendekatan Statistika Modern

untuk Ilmu Sosialâ€, Salemba Humanika.

Jakarta, 2009

Rozali, Y,.A, “Pengaruh Peer Counselling Terhadap

Peningkatan Self Regulation Pada

Mahasiswa Skripsi Universitas Xâ€, Tesis :

Tidak Dipublikasikan, 2003

Santrock, J,.W, “Psikologi Pendidikanâ€, Edisi 3

Buku 2, Salemba Humanika, Jakarta, 2009

Sarafino,E. P, “Health Psychology: Biopsychosocial

Interactionsâ€, Fourth Edition.New Jersey:

HN Wiley, 2002

Sugiarti, R. L, “Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan

Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI

Semarangâ€, Jurnal Psikologi, Universitas

Katholik Soegijapranata, Semarang, 2010

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif

dan R&Dâ€, Alfabeta, Bandung, 2009

Uno, H,.B, “Teori Motivasi dan Pengukurannya:

Analisis di Bidang Pendidikanâ€, Bumi

Aksara, Jakarta, 2013

Widiyanto, A. M, “Metodologi Penelitian

Kuantitatifâ€, Fakultas Psikologi Jakarta:

Universitas Esa Unggul.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.