Pengaruh Kualitas Pelayanan di Bidang Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Untuk Mobil Toyota 2000cc ke Atas pada Auto 2000 Jl. Raya Pluit Selatan No. 6, Pluit Jakarta Utara )
Abstract
Abstract
Relationship marketing is an integrated effort to identify, maintain and build relationships with individual consumers and is continuously enforce connection in a benefit to both parties through interactive contacts, individualization which contributes added value in the long period. The purpose of this study was to determine whether there is any significant relationship between Trust, Bonding, Communication, Shared Value, Emphaty, and reciprocity of the Buying Decision on Auto2000 Pluit simultaneously and partially.The data collection techniques used in this research is to conduct a field study and literature survey. Primary data was collected from 83 respondents to the questionnaire spread.Based on the results it can be concluded that the discriminant simultaneously factor Trust, Bonding, Communication, Shared Value, Emphaty, and reciprocity does not significantly influence the purchase decision. While partially Trust, Bonding, Communication, Shared Value, and Emphaty significantly influence purchase decisions and reciprocity are not only significantly influence the purchase decision .
Keyword: relationship marketing, purchasing decisions, trustÂ
Abstrak
Relationship marketing adalah usaha terpadu untuk mengidentifikasikan, menjaga dan membangun relasi dengan konsumen individu dan secara terus menerus menegakkan koneksi dalam manfaat untuk kedua belah pihak melalui kontak interaktif, individualisasi yang memberikan kontribusi nilai tambah dalam periode waktu yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara Trust, Bonding, Communication, Shared Value, Emphaty, dan Reciprocity terhadap Keputusan Pembelian pada Auto2000 Pluit secara simultan dan parsial. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dengan melakukan survey dan studi pustaka. Data primer dikumpulkan dari 83 responden dengan menyebar kuisioner. Berdasarkan hasil diskriminan maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan faktor Trust, Bonding, Communication, Shared Value, Emphaty, dan Reciprocity tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan secara parsial Trust, Bonding, Communication, Shared Value, dan Emphaty berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan hanya Reciprocity yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: relationship marketing, keputusan pembelian, trustFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Ariyanto, “Pengembangan Analysis Multivariate dengan SPSS 12â€, Salemba Infotek, Jakarta, 2005
Fandy Ciptono, Phd & Gregorius Chandra, “Service, Quality & Satisfactionâ€, Edisi 3, ANDY, Yogyakarta, 2011
Gronroos, Christian, “The Marketing Strategy Containuum: Toward A Marketing concept for 1990’sâ€, p17-13, 1994
Husein Umar, “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Cetakan Pertamaâ€, PT Gramedia, Jakarta, 2000
Kotler Philip, “Dasar-dasar Pemasaranâ€, Edisi 9, PT INDEKS, Jakarta, 2003
____________ , “Marketing Managementâ€, Jilid 1, PT Prenhallindo, Jakarta, 1997
____________ , “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Milenium, PT Prenhallindo, Jakarta, 2002
Kotler Philip & Gary Amstrong, “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Jilid 1, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta, 2006
____________ , “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Jilid 1, Edisi ke 12, Erlangga, Jakarta, 2008
____________ , “Dasar-Dasar Pemasaran (Principles of Marketing)â€, Edisi ke 9, PT INDEKS, Jakarta, 2004
Kotler Philip & Keller Lary King, “Manajemen Marketingâ€, Jilid 2, Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta, 2009
Laksana & Fajar, “Manajemen Jasaâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008
Maholtra Naresh.K, “Riset Pemasaran Pendekatan Terapanâ€, Edisi 4, PT INDEKS, Jakarta, 2005
Morgan, Roberts M & Hunt, Shelby D, “The Commitment-Trust Theoryâ€, Journal of Marketing, Narver, p20-38, 1994
Mursid Muhamad, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 1, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2006
Schifman L.G & Kanuk L.L., “Consumer Behaviorâ€, Seventh Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2003
Shani D & Achsani S, , “Exploiting niches using relationship marketingâ€, Journal of Service Marketing, Volume 6, p31-46, 1992
Syarifudin Chan, “Relationship Marketingâ€, Edisi 1, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
Sugiono, “Metode Penelitian Bisnisâ€, CV Alfabeta, Bandung, 1999
Taufik Muhamad & Amir, “Manajemen Ritelâ€, Cetakan 2, Penerbit PPM, Jakarta, 2005
DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v4i2.1039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.