PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. TOI

Ade Syarif Maulana

Abstract


Abstract

This study is aimed to reveal the strengths and directions of the Impact of both independent variables (e.g., Service Quality And Price) on Dependent Variable (Customer Satisfaction). It utilizes the Customer Care Service at The PT. TOI as the study population. The survey explanative method and the associative study paradigm have been chosen and properly implemented generating some quantitative. The crucial finding of this study indicates that: the first, the study instrument has been tenably proved as being reliable and valid; the second, the parametric statistics requirement has also been successfully proved meaning that the data have a normal distribution and variances homogeneity; and the last, the three alternative hypotheses of the study have also been tenably accepted.

 

Keywords : Service Quality, Price, Customer Satisfaction

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Harga pada terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI; dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan dan Harga pada secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI. Penelitian ini dilakukan dengan metode survai dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Teknik statistik asosiatif. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan pada PT. TOI. Kedua Terdapat pengaruh Harga pada terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan pada PT. TOI. Ketiga Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga pada bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI Ketiganya menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga pada memberi kontribusi pada Kepuasan Pelanggan pada PT. TOI.

 Kata kunci: Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ali Hasan. (2009). Marketing. Jakarta : Media Presindo.

Cravens. (1996). Pemasaran Strategi. Jakarta: Erlangga.

Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dale. (2003). Quality Control. New York: Prentice Hall.

Fandy Tjiptono. (2005). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Feigenbaum. (1991). Total Quality Control. New York: McGraw-Hill.

Gregorius Chandra. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Handi Irawan. (2007). 10 Prinsip Kepusan Pelanggan. Cetakan kesembilan. Jakarta PT. Elex Media Komputindo.

Hawkins Best dan Coney. (2001). Customer Behavior : Building Marketing Strategy. 8 th. Edition. New York: McGraw-Hill.

Helien. (2004). Econometric Analysis. 5th Ed., Prentice Hall. (Upper Saddle River, NJ).

Husein Umar. (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler. (1985). Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Bandung: Penerbit Erlangga.

M. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Ghalia.

Nasution. (2004). Pembelajaran Quantum Learning. Bandung: Aglesindo.

Saladin. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Sugiarto. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Sugiyono. (1997). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Tunggal. (1996). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Yoeti. (2000). Pengantar Ilmu Pariwisata. Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Zeithaml et al. (1990). Delivering Quality Service. New York: The Free Press.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v7i2.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.