FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MITRA BINAAN PKBL PT JASA MARGA
Abstract
Abstract
SME development programs that are run specifically has a value benefit to the respondent who is known to occur increase business performance, through the evaluation of human resources, production management, financial administration, marketing, motivation, business plans, business kontinitas, business motivation and environmental factors.The long term goal of this research is to determine the proper coaching model to determine the benefits of the treatment (guidance) given to Small and Medium Enterprises (SMEs) of the Partnership Program PT. Jasa Marga. Observations and field training conducted on the SME, place of business respondents. Event supervision / mentoring place of business for three (3) times in a period of 6 months. The results of observation and coaching evaluated and analyzed through the research methods of the variables observed and seen the level of success of the program significantly from the treatment given to the respondent. The purpose of this study is to determine the appropriate development patterns by looking at business performance of SMEs. Treatments were observed and analyzed variables significantly influence the performance of the business. From the results kolekting research data through a regression analysis obtained: Influence Factor variable Coaching, Motivation and environment contribute a significant influence on the performance of Business Partners with the magnitude of the effect of variable factors on Business Performance Partners is a Development (X1), motivation Enterprises (X2) and the environment ( X3) to form the regression equation Y = 0.256 + 0.422 X1 + 0,282 X2 + 0,225 X3
Â
Keywords: Business Performance, Development, Motivation, Environmental factors
Â
Abstrak
Program pembinaan UKM yang dijalankan secara khusus mempunyai nilai kemanfaatan terhadap responden yang diketahui terjadi peningkatan kinerja usaha, melalui evaluasi sumberdaya manusia, manajemen produksi, administrasi keuangan, pemasaran, motivasi, rencana usaha, kontinitas usaha, motivasi usaha dan faktor lingkungan. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah menentukan model pembinaan yang tepat untuk mengetahui manfaat dari perlakuan (pembinaan) yang diberikan terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari Program Kemitraan PT. Jasa Marga. Pengamatan dan pembinaan lapangan dilakukan terhadap responden UKM, ditempat usaha responden.  Kegiatan supervisi/pendampingan ditempat usaha sebanyak 3 (tiga) kali dalam kurun waktu 6 bulan. Hasil dari pengamatan dan pembinaan dievaluasi dan dianalisis melalui metode penelitian dari variabel-variabel yang diamati dan terlihat adanya tingkat keberhasilan program secara signifikan dari perlakuan yang diberikan kepada responden. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pola pembinaan yang tepat dengan melihat kinerja usaha dari UKM. Perlakuan-perlakuan diamati dan dianalisis pengaruh variable secara signifikan terhadap kinerja usaha. Dari hasil kolekting data penelitian melalui analisa regresi didapat : Pengaruh Faktor Varibel Pembinaan, Motivasi dan lingkungan memberikan kontribusi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja Usaha Mitra dengan Besaran pengaruh faktor variabel terhadap Kinerja Usaha Mitra adalah Pembinaan (X1), Motivasi Usaha (X2)  dan lingkungan (X3) dengan membentuk persamaan regresi Y = 0,256 + 0,422 X1 + 0,282 X2 + 0,225 X3
Â
Kata kunci : kinerja usaha, pembinaan, motivasi, faktor lingkunganFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi, 1998, Manajemen Penelitian Diknas, Rineka Cipta, Jakarta
Dale A.T., 1988, The art science of business Management Performance, Kend Publishing. Inc, New York.
Justin, G.L., 2000, Small Business Management @ by South-Western College Publishing
Miner, J.B. 1988, Organizational behavior Performance and Productivity, first Edition, copy right @ 1988 by Random House,
Mudjiarto dan Aliaras W. 2006, Membangun karakter dan kepribadian Kewirausahan, edisi pertama – Graha Ilmu, ISBN-10: 979-755-176-7
Mudjiarto dan Aliaras W. 2008, Motivasi dan Prestasi dalam karier Wirausaha, edisi pertama – UIEU University Press, ISBN 978-979-96164-8-7
Robert, L.C., Editor and Chief, Training and Development Handbook, third edition, McGraw-Hill Book Company.
Simamora, Bilson, 2005, Analisis Multi Varian Pemasaran, Gramedia, Jakarta
Sutermeister, R.A., People and productivity, New York: McGrawhill Book Comp., Inc., 1990
Vrom, V.H., Work and Motivation,John Willy and Son, New York, 1964
Walker, J.W., 1992, Human Resource Strategi, Singapore: McGraw Hill (Wal)
DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v7i2.1630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.