PERILAKU MAHASISWA EKONOMI DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL DALAM MELAKUKAN INVESTASI DI PASAR MODAL

Hermanto Hermanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji minat untuk melakukan kegiatan investasi di pasar modal. Penelitian ini mempunyai rancangan kausalitas dengan pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data adalah survey. Jenis data berbentuk primer berupa data subyek yang menyatakan opini, sikap, pengalaman, atau karakteristik subyek penelitian secara individual. Dimensi waktu adalah one shot study. Responden penelitian adalah mahasiswa ekonomi universitas esa unggul sebanyak 123 dengan unit analisis adalah individu. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1.Manfaat investasi  berpengaruh positif terhadap minat investasi. 2. Edukasi  tidak berpengaruh terhadap minat investasi. 3. Modal mínimum tidak berpengaruh terhadap minat investasi. 4. Return investasi berpengaruh positif terhadap minat investasi. 5. Motivasi  tidak berpengaruh terhadap minat investasi.  Kesimpulan penelitian adalah Mahasiswa perlu diberikan pengetahuan pentingnya informasi, pentingnya melakukan kegiatan investasi di pasar modal demi mendorong minat mahasiswa untuk melakukan kegiatan dipasar modal. Return investasi yang diberikan oleh kegiatan investasi berupa deviden dan capital gain mampu memberikan impact terhadap minat mahasiswa, dimana dari deviden dan capital gain tersebut dapat meningkatkan kesejahteran hidup mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. 1991. Theory of Planned Behavior. Organizational Human Behavior and Human Decission Processes. 50, 179-211.

_______. 2006. The theory of planned behavior. Tersedia dihttp://people.umass.edu/aizen/tpb.html. Diambil pada tanggal 5 Februari 2015.

Aned. 2010. Tujuan Laporan Keuangan Berdasarkan SFAC. Tersedia di: http://item2mniez.blogspot.com/2010/11/tujuan-laporan-keuanganberdasarkan.html. Diambil pada tanggal 12 Februari 2015.

Ardi Muhammad, Aryani Linda. 2010. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Dengan Minat Berorganisasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi UIN Syarif Kasim Riau.

Adhikara Arrozi , MF dan Septiyanto Dhihin. 2011. Perilaku Investor Individu Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Sekuritas Di Bursa Efek Indonesia. Simposim Riset Ekonomi V, ISEI, Oktober, Surabaya.

Adhikara Arrozi, MF, Maslichah, Nur Diana. 2013. Karakteristik Kualitatif Informasi Dalam Revisian Keyakinan Pengguna Untuk Penilaian Prospek Sekuritas Di Bursa Efek Indonesia. Hasil Penelitian Fundamental Dengan Dana DIKTI Tahun Anggaran 2013. Universitas Esa Unggul,Jakarta.

Adhikara Arrozi, Nur Diana Maslichah. 2014. Manfaat Informasi Akuntansi Dalam Intensi Pemilihan Saham Di Bursa Efek Indonesia. SNA 17 Mataram, Lombok 24-27 September 2014.

Broome Tracey, Alleyne Philmore. 2010. An Exploratory Study of Factors Influencing Investment Decisions of Potencial Investors. Department of Management Studies, University of the West Indies, Cave Hill Campus, Barbados.

Christanti, D. 2008. Sikap ataukah Significant Others Yang Dapat Mempengaruhi Intensi Membuang Sampah Sesuai Jenisnya. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa, 2, 129-145.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Harahap, Sofyan S. 2013. Teori Akuntansi (edisi revisi 2011). Jakarta : Rajawali. Halaman 123.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. per 1 Juni 2012. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. 2015. Badan Pengembangan danPembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa).

Koonce, Lisa, and Mercer, Molly. 2004. Using Psychology Theories in Archival Financial Accounting Research. Journal of Accounting Literature, pp 175-190.

Mas’ud, Muchlis H. 2012. Pengaruh Sikap, Norma-Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku yang Dipersepsikan Nasabah Bank Terhadap Keinginan Untuk Menggunakan Automatic Teller Machine (ATM) Bank BCA di Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 1, Nomor 3Desember 2012.

Nofsinger, John R. 2005.The Psychology of Investing. Pearson Education. Second Ed. NJ: Upper Saddle River.

Prabowo, Tommy. 2000. Dissemination of Information di Pasar Modal. Media Akuntansi, No. 10, Thn. VII, Juni, Jakarta.

Robbins, S. P dan Judge, T. A. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat. (175)

Sindonews.com. 2013. Investor Semarang Meningkat 400 Orang dalam Sehari. Tersedia di: http://ekbis.sindonews.com/read/811131/32/investorsemarang-meningkat-400-orang-dalam-sehari-1385624430/1. Diambil pada tanggal 17 April 2015.

Sears, David O., Peplau Letitia Anne, and Taylor Shelley E. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Meda Group. (203-205).

Singgih Santoso dan Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sukirno, R. S. H., dan Sutarmanto, H. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi membeli produk wayang kulit pada masyarakat suku Jawa. Psikologika, 24, 119-131.

Suryani Tatik, Listyarti Indra. 2014. Determinant Factor of Investors Behavior in Investment Decision in Indonesia Capital Markets. Journal of Economics, Business and Accountancy Ventura Vol. 17, No. 1 April 2014, p. 45-54

Sutrisni. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi UNDIP.

Suwarjono. 2008. Teori Akuntansi, Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Tan, Margaret dan Thompson S. H. Teo. 2000. “Factors Influencing the Adoption of Internet Bankingâ€.Journal of the Association for Information Systems. Volume1, July 2000. http://jais.aisnet.org

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Kanisius. Halaman 102-104.

Tempo.co. 2015. 1.600 Mahasiswa Semarang Investasi di Pasar Modal. Tersedia di: http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/04/15/090657820/1-600- mahasiswa-semarang-investasi-di-pasar-modal. Diambil pada tanggal 17 April 2015.

Tung, Lo Choi. 2011. The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students. City University of Hongkong : Run Run Shaw Library.

Yuliana. (2004). Pengaruh Sikap terhadap Pindah Kerja, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Pindah Kerja pada Pekerja Teknologi Informasi. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6 (11), 1-18.

Wahyono, Budi. 2014. Teori Perilaku Yang Direncanakan (Theory of Planned Behavior). Tersedia di: http://www.pendidikanekonomi.com /2014/08/teori-perilaku-yang-direncanakan-theory.html. Diambil pada tanggal 12 Februari 2015.

Wong, William. 2012. Planned Behavior Theory. Tersedia https://wilyleo.wordpress.com/2012/03/05/planned-behaviortheoryplanned- behavior-theory/. Diambil pada tanggal 5 Februari 2015. Www.chartnexus.com

Zakarija, Achmat. 2010. Theory of Planned Behavior, Masihkah Relevan?. Tersedia di (http://zakarija.staff.umm.ac.id). Diunduh pada tanggal 12 Februari 2015.

Zhou Jian, Khoa Cuong Phan. 2014. Factors Influencing Individual Investor Behavior : An Empirical Study of the Vietnamese Stock Market. American Journal of Business and Management Vol. 3, No. 2, 2014, 77- 94.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v8i01.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.