PERSEPSI MAHASISWA KELAS REGULER DAN KELAS PARAREL JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS ESA UNGGUL JURUSAN AKUNTANSI 2013)

Sawin Sawin, Rico Setiawan Febriansyah, Darmansyah Darmansyah

Abstract


Persepsi Siswa kelas reguler dan kelas Siswa Terhadap Etika paralel Akuntansi Departemen Bisnis dan akuntan Etika Profesional (studi kasus di Universitas Esa Unggul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi antara siswa kelas reguler dengan siswa kelas paralel jurusan akuntansi terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntansi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi antara siswa kelas reguler dengan siswa kelas paralel etika bisnis dan akuntan etika profesi yang diuji menggunakan T Test. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan, bahwa tidak ada perbedaan persepsi antara siswa kelas reguler dengan kelas paralel dengan etika bisnis dan etika profesi di Universitas Esa Unggul berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode validitas, reliabilitas, dan uji T test. menunjukkan sig, 0,110> 0,05 sehingga dikatakan bahwa tidak ada perbedaan persepsi.

Kata kunci : persepsi, etika bisnis, etika profesi, nahasiswa regular, mahasiswa pararel


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agoes, Soekrisno. “Pemeriksaan Akuntansiâ€. Edisi Ketiga. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Salemba Empat, 2004

Fitriany Yulianti, Perbedaan Persepsi antara Mahasiswa Senior dan Junior mengenai Profesi Akuntan pada Program S-1 Reguler, S-1 Ekstensi dan Program Diploma 3, Simposium Nasional Akuntansi x, juli, 2007.

Prita Hapsari Novyka, Persepsi Mahasiswa Dan Mahasiswi Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi (Studi Kasus Pada Mahasiswa & Mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta), Surakarta, 2013

Indiana Farid Martadi Sri Suranta, Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akuntansi dan Karyawan Bagian Akuntansi Dipandang dari Segi Gender terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi (Studi di Wilayah Surakarta),Universitas Sebelas Maret, Padang, 2006.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis multivariate Dengan Program Ibm SPSS19, Edisi 5, Badan penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2011.

K.Bertens, Pengantar Etika Bisnis, Kanisius, Yogyakarta, 2000.5

Murtanto dan Marini, Jurnal Persepsi Akuntan Pria dan Akuntan Wanita serta Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan, Simposium Nasional Akuntansi (SNA), 2003.

Prita Hapsari Novyka, Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswi Terhadap Etika Bisnis dan Profesi (Studi Kasus Pada Mahasiwa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 11 Maret 2013.

Rifqi Muhammad, Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Yogyakarta terhadap Etika Bisnis, Jurnal Penelitian, 2008.

Sri Suranta, Persepsi Karyawan Bagian Akuntansi dan Mahasiswa Akuntansi tentang Etika Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Jurnal bisnis dan Manajemen vol.5, 2005

Wasilatur Rahmah, Internalisasi Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran (Studi Pada PT TELKOM Kandatel Malang), Universitas Islam Negeri Malang, 2008.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v9i02.2528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.