PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI HANDPHONE MEREK SAMSUNG PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)

Yustiani Rahayu, Salsabila Triadi, Shafira Ramadhanti Salsyabila, Danang Kusnanto

Abstract


Minat beli pada perusahaan dibidang elekronik dapat dipengaruhi oleh citra merek dan harga dimana citra merek yang baik dapat dijadikan kekuatan dalam menarik konsumen dan harga produk yang terjangkau dapat meningkatkan minat beli calon konsumen Perusahaan Samsung. Dari hasil analisis data, Terdapat pengaruh parsial antara citra merek terhadap minat beli sebesar 4,59% dan harga terhadap minat beli sebesar 62,65%. sedangkan pengaruh simultan dari citra merek dan harga terhadap minat beli dengan koefisien determinasi sebesar 67,2%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli Handphone Merek Samsung Secara Online Pada E-Commerce Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Singaperbangsa Karawang. Sampel dilakukan dengan menggunakan metode Incidential Sampling dengan jumlah sampel 186 responden. Program komputer Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16.


References


Apriansyah, Tatang. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Rest Area KM 57 Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Fredian, Melly Eka. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Fristiana, Dessy Amelia. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang (Studi Pada Konsumen Ramai Swalayan Peterongan Semarang).

Harmana, Abid. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Sindang Reret Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Isnayanti, Novi. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Juangsyah, Yoga Eka Prasetya. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Khoirunnisa. (2019). IDC: Top 5 Vendor Smartphone Global Q3-2019, Selular.ID. Diakses dari https://selular.id/2019/11/idc-top-5-vendor-smartphone-global-q3-2019/

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran-jilid satu. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran-jilid dua. Jakarta: PT Indeks

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Miki Ambarwati, Sunarti, dan Mukhammad Kholid Mawardi. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Universitas Brawijaya, Malang.

Pariyah. (2015). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Air Mineral Isi Ulang Kemasan Galon (Survei Pada Perumahan De Griya, Gren Pertama, Putri Kosambi dan Tirai Mutiara Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta

Suti, Intan. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Esia (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Widodo, Guntur Bayu. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Sony Experia (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang).Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v11i2.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.