PENGARUH KESELAMATAN KERJA, KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 CEMPAKA PUTIH
Abstract
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan wujud pelayanan publik dari pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik tersebut dilakukan pemerintah melalui penanaman Modal Pemerintah kedalam BUMN tersebut. Untuk itu BUMN perlu meningkatkan kualitas pelayanan secara terus menerus. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut adalah dengan mempersiapkan dan meninkatkan produktivitas karyawan dengan perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lagsung dan tidak langsung variabel aneseden produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini melibatkan 50 responden dari karyawan dan 50 responden dari pelanggan PT. PLN UP3 Cempaka Putih. Analisis terhadap data menggunakan Path Analysis terhadap variabel produktivitas kerja karyawan sebagai variabel dependen, kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Variabel keselamatan kerja dan kompetensi karyawan sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable keselamatan kerja secara langsung tidak signifikan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Kompetensi karyawan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Kepuasan pelanggan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Keselamatan kerja secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhdap kepuasan pelanggan. Kompetensi karyawan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Keselamatan kerja secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan melalui kepuasan pelanggan. Kompetensi karyawan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan melalui kepuasan pelanggan. Implikasi dari hasil penelitian ini, BUMN PT. PLN UP3 Cempaka Putih secara umum perlu upaya memelihara dan menginkatkan produktivitas kerja karyawan. Upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan dapat dilakukan dengan keselamatan kerja, kompetensi karyawan dan kepuasan pelangga. Upaya peningkatan keselamtan kerja di PT. PLN UP3 Cempaka Putih akan efektif memperkuat produktivitas kerja karyawan. Peningkatan kompetensi karywan di PT. PLN UP3 Cempaka Putih akan efektif memperkuat produktivitas kerja karyawan jika konsistensi penerapan sasaran pengingkatan kompetensi intelektual menjadi prioritas utama. Peningkatan kepuasan pelanggan PT. PLN UP3 Cempaka Putih akan efektif memperkuat produktivitas kerja karyawan jika kualitas jasa atau service dan kualitas produk menjadi prioritas utama.
Keywords
Keselamatan Kerja, Kompetensi Karyawan, Kepuasan Pelanggan, Produktivitas Kerja Karyawan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v12i01.3706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.