ANALISIS PERBEDAAN PERILAKU IMPULSE BUYING BERDASARKAN GENDER PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
Abstract
Perilaku pembelian yang tidak direncanakan atau pembelian impulsif dari konsumen merupakan sesuatu yang menarik , karena merupakan pangsa pasar terbesar dalam pasar modern saat ini dan salah satu yang menjadi penyebab penting terjadinya perilaku impulse buying adalah jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Impulse Buying antara pria dan wanita serta mengetahui apakah variabel Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Faktor Situasional, dan Positive Emotion yang menyebabkan perbedaan impulse buying pada pria dan wanita. Sampel yang digunkan sebanyak 140 responden, masing-masing 70 responden pria dan 70 responden wanita dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan dengan terlebih dahulu melakukan uji validiats dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara pria dan wanita dalam Impulse Buying di Tokopedia, dari hasil tersebut juga diketahui bahwa Variabel yang membedakan impulse buying pria dan wanita adalah fashion infolvement, Faktor Situasional dan Positive Emotion dan Faktor situasional merupakan variabel yang paling dominan membedakan impulse buying pria dan wanita. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu segala pihak yang bergerak atau berhubungan dengan e-commerce dalam meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen ketiga berbelanja online
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.