PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LINGKUNGAN SOSIAL DAN DIGITAL MARKETING PRODUK EMINA DI LIPPO MALL KARAWACI

Ismayudin Yuliyzar, Cahyani Kurniastuti, Tri Larasati Ningsih

Abstract


Di era digital seperti sekarang ini, fashion yang terus berkembang sangat mempengaruhi masyarakat dalam memperhatikan penampilan, khususnya para wanita. Wanita cendrung ingin selalu mempercantik diri dengan memakai berbagai produk make up atau kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Sosial dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Booth Emina Lippo Mall Karawaci. Sampel penelitian ini adalah 80 responden pelanggan Booth Emina Lippo Mall Karawaci. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan dengan menggunakan data primer yang diperoleh peroleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial variabel Lingkungan Sosial (X1) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dah Digital Marketing (X2) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). dan secara simultan variabel Lingkungan Sosial (X1) dan Digital Marketing (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Kata kunci: Lingkungan Sosial, Digital Markrting, Keputusan Pembelian


Keywords


Lingkungan Sosial, Digital Markrting, Keputusan Pembelian

References


Daftar Pustaka

Buku:

Chaffey, D., & Fiona Ellis. (2016). Digital Marketing (6th ed.). United Kongdom: Pearson.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Sobirin (Ed.); 1st ed.). Celebes Media Perkasa. www.celebesmediaperka sa.co.id

Donni, P. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontemporer. In alfabeta.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran (E. R. Fadilah (Ed.); 1st ed.). Deepublish. www.deepublish.co.id

Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ke-19). PT Bumi Aksara.

Iwan dan Ika. (2019). Pemasaran Dan Manajemen Pasar (Ke-1). CV Budi Utama.

Kotler, P. (2017). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Maryanto, R. (n.d.). Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Rusmanto Self-publishing. https://books.google.co.id/books?id=Y6FqDwAAQBAJ

Muljono, K. R. (2019). Digital Marketing Concept. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nugraheni, H., Wiyatini, T., & Wiradona, I. (2018). Kesehatan Masyarakat dalam Determinan Sosial Budaya (E. R. Fadilah (Ed.); 1st ed.). Deepublish. www.deepublish.co.id

Rossanty, Y., Tuah Putri Nasution, M. D., & Ario, F. (2018). Consumer Behavior in Era Millennial (R. Franita (Ed.); 1st ed.). Ilmiah Aqli. http://aqli.org

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., P.Kusuma, A. H., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah (1st ed.). Rikiki, Alex. kitamenulis.id

Solihin, I. (2015). Pengantar Manajemen (Novietha (Ed.); Ke-1). PT Gelora Aksara Pratama.

sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran dan Implementasi. In PT. Prehallindo. Jakarta (p. 41). https://doi.org/10.1126/science.1084956

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (Ed.); 1st ed.). ALFABETA. www.cvalfabeta.com

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen). CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Thamrin, H. (2017). Pengantar Bisnis (Ke-3). K-Media.

Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. Pedoman Penulisan Skipsi. Tangerang.

Yuliyzar, Ismayudin dan Usman Effendi. 2020. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Jurnal:

Arifuddin, R. R., Kadir, A. R., & Kadir, N. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt. Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(3), 92–108.

Astari, L. D. (2019). Pengaruh Motivasi, Religiusitas Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Bertransaksi Di Perbankan Syariah (Studi pada Mahasantri Mahad Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Jurnal pendididan dan ekonomi. UIN Raden Intan Lampung.

Gusrita, D., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 944–954.

Hartini, K., & Inggriani, I. (2020). Pengaruh Pendapatan dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Secara Taqsith. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 94–110.

Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD. id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(3).

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35–42.

Ria, R., & Yuliawati, Y. (2018). Hubungan Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Dengan Keputusan Pembelian Susu Segar Di Kecamatan Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 195–209.

Situs Internet:

Emina (2015). Make Up - Produk Kami _ emina. Diambil dari: https://www.eminacosmetics.com/id/produk/category/make-up/. (15 September 2020).

Highlight Media. (2018). 10 Merek Kosmetik Lokal Indonesia Paling Favorit Untuk Paras Cantikmu.Diambil dari: https://highlight.id/daftar-brand-merek-produk-kosmetik-lokal-indonesia-favorit-terkenal-populer-pilihan-makeup-kecantikan/ (01 Juni 2020)

Martina (2019). Ini yang Dimaksud Pasar Konsumen dan Cara Mengetahui Perilaku Pembelian Konsumen. Diambil dari: https://ukirama.com/blogs/ini-yang-dimaksud-pasar-konsumen-dan-cara-mengetahui-perilaku-pembelian-konsumen. (20 April 2020)




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i01.5396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.