ANALISIS KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Yuanita Arianti

Abstract


Ketepatan waktu dapat dinilai dari audit delay, yang merupakan lamanya waktu dari berakhirnya tahun fiskal perusahaan sampai dengan tanggal ketika auditor menerbitkan opininya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris Pengaruh Kompleksitas Operasi Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas,Ukuran Perusahaan dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Audit Delay Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2016-2018. Variabel independen yang diteliti adalah Kompleksitas Operasi Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Kantor Akuntan Publik, sedangkan variabel dependen yang diteliti adalah Audit Delay. Populasi dari penelitian adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018 yang berjumlah 49 perusahaan dikalikan 3 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 135 data dengan metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis F dan t.

Hasil penelitian menunjukkan secara simultan berpengaruh signifikan. Secara parsial kompleksitas operasi perusahaan dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay. Faktor yang paling dominan dari kelima variabel bebas tersebut adalah solvabilitas.

Temuan dari penelitian ini adalah Solvabilitas yang menggunakan proxi Debt to Equity Ratio (DER) sebagai penentu Audit Delay



DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i01.5402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.