EFFECT ACADEMIC INFORMATION SYSTEM (SIAKAD) ON LOYALTY THROUGH STUDENT SATISFACTION

Rina Widiyanti, Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas

Abstract


Lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang baik tentunya harus memiliki suatu system online seperti sistem informasi akademik yang cukup bahkan baik agar memberikan kemudahan bagi mahasiswa pada perguruan tinggi itu sendiri. Salah satu Perguruan Tinggi yang telah menerapkan sisttem informasi akademik yaitu Universitas Esa Unggul. Tujuan penelitian ini mengukur kepuasan mahasiswa terhadap mutu sistem informasi akademik di Universitas Esa Unggul Data primer yang dikumpulkan menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa aktif Universitas Esa Unggul fakultas ekonomi dan bisnis tahun angkatan 2018-2020. Kuisioner yang terkumpul sebanyak 95 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode structural equation model atau SEM dengan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi akademik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, sistem informasi akademik berpengaruh signifikan terhadap student satisfaction , student satisfaction berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dan sistem informasi akademik berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui student satisfaction. Disarankan Universitas Esa Unggul untuk mempertahankan sistem informasi akademik dengan memberikan performa yang baik tanpa adanya gangguan atau kendala (error) dan sistem yang dapat digunakan dimana saja maka nantinya mahasiswa akan puas serta loyal pada Universitas Esa Unggul. Dan penerapan sistem informasi akademik dapat dikatakan berhasil diterapkan.


Keywords


Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas, SIA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i2.5576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.