Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, menguji dan mempelajari pengaruh motivasi kerja, dan
job crafting terhadap
work engagement melalui makna kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan
work engagement karyawan pada perusahaan PT. FSM dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal, serta juga implikasi manajerial yang positif pada pengelolaan untuk kemajuan perusahaan. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode survei yaitu menyebarkan kuesioner secara online menggunakan
google form dan dan jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 113 responden. Penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif, menggunakan metode Structural Equation Model (SEM)-
Partial Least Square (PLS). Hasil ini membuktikan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif secara signifikan terhadap
work engagement, job crafting tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
work engagement, makna kerja berpengaruh secara signifikan terhadap
work engagement, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap makna kerja,
job crafting tidak berpengaruh secara signifikan terhadap makna kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap
work engagement yang dimediasi oleh makna kerja,
job crafting tidak berpengaruh signifikan dengan
work engagement yang dimediasi oleh makna kerja.
Keywords
motivasi kerja, job crafting, makna kerja, work engagement
.