Pengaruh Motivasi Kerja dan Job crafting Terhadap Work Engagement dengan Makna Kerja Sebagai Variabel Mediasi

Devi Sapitri, Nina Nurhasanah

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, menguji dan mempelajari pengaruh motivasi kerja, dan job crafting terhadap work engagement melalui makna kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan work engagement karyawan pada perusahaan PT. FSM dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal, serta juga implikasi manajerial yang positif pada pengelolaan untuk kemajuan perusahaan. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode survei yaitu menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form dan dan jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 113 responden. Penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif, menggunakan metode Structural Equation Model (SEM)-Partial Least Square (PLS). Hasil ini membuktikan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif secara signifikan terhadap work engagement, job crafting tidak berpengaruh secara signifikan terhadap work engagement, makna kerja berpengaruh secara signifikan terhadap work engagement, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap makna kerja, job crafting tidak berpengaruh secara signifikan terhadap makna kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap work engagement yang dimediasi oleh makna kerja, job crafting tidak berpengaruh signifikan dengan work engagement yang dimediasi oleh makna kerja. 

Keywords


motivasi kerja, job crafting, makna kerja, work engagement



DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i2.5842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.