PENGARUH PELATIHAN TERHADAP HASIL PRODUKSI PETANI DI KECAMATAN LOSARI

M. Erwin Dwi Listyanto, Suci Nur Utami, Khusnul Khotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi petani di Kecamatan Losari. Penelitian ini dapat dimasukkan sebagai suatu penelitian eksplanasi. Adapun metode analisis yang digunakan bersifat kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh petani di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Adapun jumlah sampel adalah 50 orang petani di Kecamatan Losari. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan jenis nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS).Berdasarkan hasil pengujian regresi secara parsial menunjukkan bahwa variabel pelatihan berpengaruh secara positif dan signifikan terdadap hasil produksi petani. Hal ini sesuai dengan analisis uji t yang memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat Artinya bahwa pelatihan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil produksi petani di Kecamatan Losari .

Keywords


Pelatihan; Hasil_Produksi; Petani

References


Arifianto. (2018). Pengaruh karakteristik penyuluh, kondisi kerja, motivasi terhadap kinerja penyuluh pertanian dan pada perilaku petani padi di Kabupaten Rembang. Jurnal Agrisocionomics, 166-180.

Gani, A. H., Sa’diyah, A. A., & Nugroho, P. A. (2022). Persepsi Petani Padi Sawah Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Kelompok Tani Sekar Abadi Kota Batu. Jurnal Agrica, 169-181.

Listyanto, M. D. (2021). Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Keinginan Pindah Kerja melalui Kepuasan Kerja dan Mentoring Sebagai Variabel Intervening. Universitas Pancasakti Tegal.

Murdani, & Melani, D. (2021). Pengaruh pelatihan pengolahan hasil ubi kayu dan ubi jalar di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan terhadap peningkatan kinerja penyuluh pertanian. Jurnal Agromix, 119-128.

Ngatinem, & Talkah, A. (2022). Strategi Pelatihan Pertanian Dalam Rangka Peningkatan Mutu Sumberdaya Manusia Di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Pertanian Lawang Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 199-125.

Pradnyawati, I. A., & Cipta, W. (2021). Pengaruh Luas Lahan, Modal dan Jumlah Produksi Terhadap Pendapatan Petani Sayur Di Kecamatan Baturiti. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 93-100.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanto. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Melalui Akreditasi.

Suryaningrum, D. P. (2021). Dampak Human Capital terhadap Produksi dan Pendapatan Usahatani Paprika Hidroponik di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal AgroSainta, 15-24.

Zulhendri, A., & Henmaidi. (2021). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi penyuluh pertanian di kabupaten pasaman. Jurnal Niara, 35–43.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v14i01.6565

Refbacks



     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.