ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COFFESHOP

Muhammad Diah, Haryani Haryani, Emi Safrina, Denny Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk coffeshop. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Asosiatif. Pengumpulan Data Dalam Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden, sedangkan populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah Pelanggan coffeshop hypermut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikan parsial (uji t), pengujian signifikan simultan (uji F), dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial.


Keywords


Kualitas produk; Keputusan pembelian; lokasi

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Anggraini, Y. P., & Fikry, Z. (2023). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Keputusan Pembelian Produk Iphone Second Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22512–22518.

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79(2), 77–95.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Fatimah, S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffeeshop Di Samarinda. Motivasi, 1(1), 36–43.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 13–22.

H Nasir Asman, M. M. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Penerbit Adab.

Heizer, J., & Render, B. (2011). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109–119.

Indrawati, D. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302–319.

Judge, M., Warren-Myers, G., & Paladino, A. (2019). Using the theory of planned behaviour to predict intentions to purchase sustainable housing. Journal of Cleaner Production, 215, 259–267.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Language, 18(298p), 26cm.

Mardani, A. D., Yani, A., & Napisah, S. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subisidi Kota Pangkalpinang. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 96–104.

Nawangsari, G., Afifah, N. U. N., & Assa, I. (2015). Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Siswa-siswi Pesantren. SEMINAR NASIONAL PSIKOLOGI SOSIAL & BUDAYA, 87.

Rizaldi, M. (2016). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian pada smartphone di kalangan mahasiswa studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 85–93.

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah hubungan citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 100–107.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019a). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019b). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916

Susianto, H. (1993). Studi gaya hidup sebagai upaya mengenali kebutuhan anak muda. Jurnal Psikologi Dan Masyarakat, 1(1), 55–76.

Utami, T. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LIFEBUOY (Studi Kasus Pada RW 04 di Kelurahan Bugel, Grobogan). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

Utara, S. (n.d.). Aaker, DA 2008. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Terjemahan oleh Aris Ananda. Cetakan Ketiga. Mitra Utama. Jakarta. Angipora, MP 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Budiyanto. T., C. .

Wibisono, Y., Yandi, W., Golabi, M., Nugraha, R., Cornelissen, E. R., Kemperman, A. J. B., Ederth, T., & Nijmeijer, K. (2015). Hydrogel-coated feed spacers in two-phase flow cleaning in spiral wound membrane elements: A novel platform for eco-friendly biofouling mitigation. Water Research, 71, 171–186.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v15i01.7801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.