PENGARUH PENYULUHAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DI SD NEGERI TEUPIN PEURAHO

Lensoni Lensoni, Ferika Maulida, Sukma Wati, Cut Nur Indah

Abstract


Program PHBS di Sekolah merupakan upaya untuk memberdayakan kepada siswa dasar agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. PHBS dilakukan untuk mensejahterakan kesehatan dengan mencapai pola berperilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa SDN Teupin Peuraho Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat Tahun 2021. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Expriemental desaign jenis One grup pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 5 dan 6 di SDN Teupin Peuraho Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat Tahun 2021 yang berjumlah 23 siswa, sampel diambil dengan menggunakan metode total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji statistik peired simple T-Test dengan derajat kemaknaan (0.05). Hasil penelitian menunjukkan Pengetahuan siswa tentang PHBS Sebelum dilakukan penyuluhan kategori Rendah 21 siswa (91.3%), Kategori Sedang 2 siswa (100.0%). Pengetahuan tentang PHBS Sesudah dilakukan penyuluhan kategori rendah 9 siswa (39.1), Kategori sedang 14 siswa (100.0). Hasil analisis bivariat menunjukan p-value= 0.00 artinya p-value < 0.05. Artinya terdapat pengaruh antara pemberian penyuluhan terhadap pengetahuan pada siswa awal tentang pola hidup bersih dan sehat di SDN Teupon Peuraho. Saran yang dapat direkomendasikan bagi peneliti untuk meneliti pengaruh pengaruh bimbingan guru dan orang tua terhadap pentingnya menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan penelitian tersebut, penulis mengharapkan kepada Pimpinan sekolah agar memperhatikan upaya penyediaan sarana untuk menunjang penerapan PHBS di sekolah.

Keywords


Pola Hidup Bersih dan Sehat, Pengetahuan

References


Candrawati Erlina dan Widrani Esti.2015. Pelaksanaan Program UKS Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal CARE. Vol 3.

Chandra, Fauzan Akhmad dan Aquarista Febriza.M. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan CerbonK. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa (JKMK).

Julianti Ratna, Drs.H.M. Nasirun, M.Pd. dan Wembrayarli,S.Pd.,M.Sn. 2018. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 3.

Abidah Nur Yulia dan Abdul Huda. 2018. Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Ort opedagogia. Vol 4.

Natsir Fajaruddin Muh. 2019. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK). Vol 1.




DOI: https://doi.org/10.47007/hp.v3i01.5462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Health Publica

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

 

View My Stats