Hubungan Waktu Tunggu, Kecepatan Pelayanan, Dan Fasilitas Kesehatan Pada Kepuasan Pasien Rawat Jalan
Abstract
Peraturan KemenKes RI Tahun 2019 mengenai standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien rawat jalan adalah 85%, sedangkan pada tahun 2020 hanya 82,5%. Penurunan ini dipengaruhi oleh waktu tunggu, pelayanan obat, kecepatan pelayanan, dan fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu, kecepatan pelayanan obat, dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Gang Aut, Kota Bogor, tahun 2024. Penelitian ini termasuk dalam kategori kuantitatif bersifat analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Populasi terdiri dari semua pasien rawat jalan di Puskesmas Gang Aut sebanyak 2.300 pasien, dengan sampel 95 yang diambil secara accidental sampling. Berdasarkan hasil, diketahui ada hubungan yang signifikan antara waktu tunggu (p-value = 0,001), kecepatan pelayanan obat (p-value = 0,001), dan fasilitas kesehatan (p-value = 0,001) terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien melalui perbaikan pelayanan dari segi sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi tenaga kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z., Hidayat, R., & Susanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 150-158.
Dinas Kesehatan Kota Bogor. (2023). Profil Pelayanan Kesehatan di Kota Bogor 2022. Bogor: Dinas Kesehatan Kota Bogor.
Fasirah, S., Rachmawati, D., & Sari, A. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Y. Jurnal Farmasi Indonesia, 15(1), 45-52.
Fatrida, N., & Saputra, E. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di RS Z. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 7(3), 300-306.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Standar Pelayanan Minimal di Sektor Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Profil Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
DOI: https://doi.org/10.47007/hp.v5i2.8639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Health Publica
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
View My Stats