Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Medical Check Up Di Klinik Cakra Medika
Abstract
Kepuasan pasien adalah sebagai respon pasien dan kinerja aktual yang dirasakan setelah pemakaian. Secara keseluruhan, tindakan di masa mendatang akan dipengaruhi oleh apakah pasien senang atau tidak dengan yang sekarang. Buktinya dapat dilihat pada tindakan yang dilakukan konsumen setelah mereka menggunakan dan menikmati suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien medical check up di Klinik Cakra Medika. Menggunakan analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling dengan rumus slovin jumlah sampel 95 orang yang berkunjung ke Klinik Cakra Medika. Uji statistik menggunakan Chi Square. Hasil penelitian kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien P-value 0,003, fasilitas terhadap kepuasan pasien 0,001. Penelitian ini menyimpulkam adanya hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan variabel fasilitas terhadap kepuasan pasien medical check up di Klinik Cakra Medika. Saran bagi klinik, meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelatihan/pelatihan yang terjadwal kepada seluruh pegawai klinik terkait dengan peningkatan kompetensi dan komunikasi kepada pasien serta melakukan survei rutin secara berkala untuk menilai langsung kualitas pelayanan yang tersedia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Multi Karani. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kembaran 1. Jurnal Pelayanan Kesehatan, 12(2), 55–65.
Tjiptono, F. (2014). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.
Smith, J. (2019). Healthcare Facilities and Patient Satisfaction: An Analytical Perspective. International Journal of Health Services, 48(3), 213–229.
Wulandari, D. (2023). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pratama Kriopanting Kecamatan Payung. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 15(1), 112–120.
Khoiri Najib. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 45–52.
World Health Organization (WHO). (2021). Patient Satisfaction Data from 25 Countries. Geneva: WHO Publications.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Hidayat, A. (2017). Metode Penelitian Kebidanan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
CIOMS (Council for International Organizations of Medical Sciences). (2016). International Ethical Guidelines for Health-Related Research Involving Humans. Geneva: CIOMS.
Profil Kemenkes RI. (2023). Pembangunan Kesehatan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
DOI: https://doi.org/10.47007/hp.v6i01.8958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Health Publica
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
View My Stats